Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

PEMBERIAN OBAT CACING MASSAL PADA ANAK USIA PRA-SEKOLAH DAN ANAK USIA SEKOLAH SERENTAK PADA BULAN AGUSTUS 2016




Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 08 Agustus 2016.

Penyakit cacingan yang ditularkan melalui tanah masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di negara beriklim tropis dan sub tropis. Penyakit ini termasuk kedalam kelompok penyakit terabaikan bersama Filariasis, Kusta dan Frambosia.

Masalah kecacingan terutama terjadi pada daerah dengan kondisi higiene dan sanitasi yang kurang baik serta perilaku masyarakat yang kurang hidup bersih dan sehat, infeksi cacing perut ini dapat mempengaruhi ststus gizi, proses tumbuh kembang, dan perusak kemampuan kognitif pada anak yang terinfeksi. Kasus-kasus malnutrisi, stunting, anemia bisa disebabkan oleh karena kecacingan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang bebas dari infeksi cacing, tubuhnya memiliki kemampuan untuk menyerap protein, karbohidrat, vitamin A dan zat besi secara optimal, sehingga dapat meningkatkan status gizi dan kemampuan tumbuh kembangnya.

Obat yang digunakan dalam pelaksanaan program ini adalah albendazol, karena obat ini efektif untuk memberantas cacing perut, baik cacing gelang, cacing tambang, cacing cambuk maupun cacing kremi. Selain itu obat ini juga aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Strategi pemberian obat cacing masal dilakukan secara terintegrasi dengan program pemberian vitamin A pada anak usia balita dan melalui program UKS untuk anak sekolah. Pemberian Obat Cacing Massal ini bertujuan untuk menurunkan angka prevalensi kecacingan pada anak usia prasekolah dan anak usia sekolah melalui pemberian obat cacing terintegrasi di wilayah Kabupaten Kediri.

Sasaran dari program ini adalah :

  1. Anak usia prasekolah (12 – 59 bulan) dilaksanakan secara terintegrasi dengan pemberian vitamin A di Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) se-Kabupaten Kediri.
  2. Anak usia sekolah 6 – 12 tahun dilaksanakan secara terintegrasi dengan kegiatan UKS (Usaha kesehatan sekolah) se-Kabupaten Kediri.

Dosis pemakaian Albendazol pada anak :

  1. Usia 1 – 2 tahun diberikan ½ tablet (200 Mg)
  2. Usia 2 – 12 tahun diberikan 1 tablet (400 Mg)

Tatacara pemberian obat cacing

  1. Obat cacing diberikan pada seluruh anak usia 1  – 12 tahun yang tampak sehat .
  2. Pemberian obat cacing ditunda apabila anak demam atau sakit.
  3. Obat cacing diberikan oleh petugas Puskesmas atau kader kesehatan yg terlatih.
  4. Obat cacing diminum sesudah sarapan pagi.

Kegiatan ini dilakukan selama 5 tahun sampai dengan tahun 2019. Untuk Eliminasi Filariasis dilakukan sampai dengan tahun 2020.

Program ini melibatkan beberapa lintas sektor terkait di wilayah Kabupaten Kediri yaitu Tim Penggerak PKK Kabupaten, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora), Kementerian Agama (Kemenag), Dinas Komunikasi dan Informatika (DisKominfo).

Diharapkan dalam jangka pendek maupun jangka panjang program ini bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan produktif. Juga dapat menurunkan prevalensi kecacingan, melalui pengobatan, untuk mencegah dampak kecacingan (Persistent Malnourish à Stunting). Serta meningkatnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu Cuci Tangan Pakai Sabun melalui promosi program akan mengurangi infeksi cacingan. (Seksi Pencegahan Penyakit Bersumber Binatang – SGI).




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF