« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

INTRODUKSI PNEUMOCOCCAL CONJUGATE VACCINE (PCV) DI PUSKESMAS KELING


Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 15 Juni 2021.

Di negara berkembang, 60% kasus Pneumonia disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang dapat menyebabkan Pneumonia adalah bakteri Streptococcus pneumoniae atau Pneumokokus dan bakteri Haemophilus Influenzae tipe b atau Hib. 

Dalam rangka pencegahan penyakit Pneumonia yang disebabkan oleh Hib, telah dilakukan introduksi vaksin Hib yang dikombinasikan dengan DPT-HB menjadi DPT-HB-Hib ke dalam Program lmunisasi Nasional sejak tahun 2013. Upaya ini akan lebih efektif bila dibarengi dengan pemberian imunisasi Pneumokokus sehingga diharapkan dapat menurunkan angka kematian akibat Pneumonia secara signifikan. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan kebijakan pemberian imunisasi pneumokokus konyugasi (PCV). 

Pada hari Rabu, tanggal 9 Juni 2021 dilaksanakan Introduksi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) atau vaksin pneumokokus (imunisasi utk mencegah penyakit pneumonia). Kegiatan ini berlangsung di Puskesmas Keling, Kec. Kepung, Kab. Kediri. Sasaran kegiatan ini adalah 11 bayi dengan usia 2 bulan.

Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) atau vaksin pneumokokus adalah vaksin berisi protein konjugasi. Pelayanan imunisasi PCV ini dilakukan di fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan yaitu Posyandu, Puskesmas, Puskesmas pembantu, Rumah Sakit pemerintah, Rumah Sakit swasta, klinik, praktik mandiri dokter, praktik mandiri bidan, dan fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan lainnya yang memberikan layanan imunisasi.

Dalam kegiatan apapun #dulursehatkediri ku masih selalu melaksanakan protokol kesehatan kan? Yuk ingat dan laksanakan 5M, memakai masker, menjaga jarak, rajin cuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.

Semoga kita senantiasa sehat ya... Aamiin...

Salam Sehat. Seksi Surveilans dan Imunisasi © Admin-2021




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF