Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

PERTANYAAN DAN PENGADUAN MASYARAKAT

ALUR LAYANAN



Untuk alur permohonan informasi & keberatan informasi bisa dilihat di halaman PPID Pembantu Dinas Kesehatan pada menu Galeri dan Data sub menu Data PPID.

PERTANYAAN/PENGADUAN MASYARAKAT

  1. Pertanyaan/Pengaduan :
    bagaimana mengurus jamkesda di kabupaten kediri? (rian dwi saputro, mangunrejo Ngadiluwih)
    Jawaban :
    Yth. Bapak/Saudara Rian Dwi Saputro di Mangunrejo Ngadiluwih, tahun 2020 ini cara mengurus Jamkesda masih sama seperti tahun 2019 kemarin. Perlu diketahui bahwa Jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA) ada 2 kategori, (1) Jamkesda dengan SKM (Surat Keterangan Miskin) berlaku khusus untuk RSUD di wilayah Kabupaten Kediri (pasien berobat di RSUD Pare & RSUD SLG) masa berlakunya 1 tahun. (2) Jamkesda dengan SPM (Surat Pernyataan Miskin) berlaku untuk RSUD diluar wilayah Kabupaten Kediri (pasien berobat ke RSUD diluar RSUD Pare & RSUD SLG) masa berlakunya 1 bulan. Untuk persyaratannya antara lain: Foto Kopi Kartu Keluarga (KK) yang masih berlaku, Foto Kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku, Foto Kopi Akte/Surat Kelahiran untuk bayi & anak (belum punya KTP), Surat Rujukan/ Rawat Inap, Surat Keterangan Miskin, Surat Pernyataan bermaterai 6000, Surat Rekomendasi dari Dinas Sosial Kabupaten Kediri. Prosedurnya untuk Jamkesda dengan SKM (Kategori 1) setelah semua persyaratan lengkap dibawa ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, sedangkan untuk Jamkesda dengan SPM (Kategori 2) setelah persyaratan lengkap dibawa ke Dinas Sosial Kabupaten Kediri untuk mendapat persetujuan, setelah persyaratan disetujui oleh Dinas Sosial baru dibawa ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri. || Admin – 12 Maret 2020 .
  2. Pertanyaan/Pengaduan :
    Assalamualaikum... Mohon informasi puskesmas sidomulyo sementara ini pelayanan pindah di mana? Saya melihat puakesmas sedang direnovasi! Terimakasih (Hafidz Abdurrohman, Ds. Sumberagung wates )
    Jawaban :
    Waalaikumussalam wr. wb. Bapak/Saudara Hafidz Abdurrohman di Ds. Sumberagung Wates. Diberitahukan kepada seluruh masyarakat di wilayah pelayanan UPTD Puskesmas Sidomulyo, bahwa pelayanan sekarang berada di lokasi baru yaitu di Jl. Srigati Desa Silir Kec. Wates Kab. Kediri. || Admin – 29 Februari 2020 .
  3. Pertanyaan/Pengaduan :
    Salam...apakah kartu kis dari desa bisa digunakan operasi Cesar pada tahun 2020? Terima kasih (Prasetya, Ngancar)
    Jawaban :
    Salam sehat Bapak/Saudara Prasetya di Ngancar. Untuk peserta Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan (KIS-PBI) bisa mendapatkan layanan Operasi Caesar dengan ketentuan bahwa operasi tersebut berdasarkan rekomendasi dari dokter FKTP, mungkin karena letak sungsang atau plasenta previa. Dalam artian Operasi Caesar tersebut bukan atas permintaan sendiri, sesuai dengan indikasi medis. || Admin – 24 Februari 2020 .
  4. Pertanyaan/Pengaduan :
    Apakah bisa minta uji laboratorium bebas bakteri untuk ijin P-IRT, untuk usaha sambel pecel ? (budiyanto, Jl Pamenang VII katang)
    Jawaban :
    Yth. Bapak/Saudara Budiyanto di Jl. Pamenang VII Katang Kediri, untuk pelaksanaan uji laboratorium bebas bakteri/uji mikrobiologi pada produk sambel pecel bisa dilakukan di UPT Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Kediri. Untuk ijin PIRT tidak dipersyaratkan uji bebas bakteri, persyaratan ijin PIRT sesuai dengan yang tertera di blanko permohonan PIRT. (Sumber: Seksi Kefarmasian, Makanan dan Minuman) || Admin – 22 Februari 2020 .
  5. Pertanyaan/Pengaduan :
    assallamaualaikum,, perkenalkan nama saya hudha, sy mau tnya untuk peserta kis/bpjs pbi dari desa apakah bisa pindah faskes 1/fktp dokter.. terima kasih (syamsul hudha, bringin,badas,kediri)
    Jawaban :
    Waalaikumussalam wr. wb. Bapak/Saudara Syamsul Hudha dari Bringin Badas. Berdasarkan yang tertulis pada Peraturan BPJS bahwa Faskes 1 meliputi puskesmas, Klinik Pratama dan sejenisnya, praktek dokter pribadi, dan Rumah Sakit type D. Sebenarnya faskes 1 untuk KIS PBI sudah di tentukan di fasilitas kesehatan milik pemerintah yaitu Puskesmas, pemegang KIS PBI tidak bisa memilih faskes di Klinik atau dokter pribadi. Karena tidak bisa memilih klinik, atau praktek dokter pribadi maka Peserta pemegang KIS PBI hanya bisa melakukan pindah faskes antar puskesmas saja. Proses perpindahan KIS PBI hanya bisa dilakukan dengan langsung mendatangi Kantor BPJS kesehatan, TIDAK BISA DI LAKUKAN LEWAT ONLINE. Syarat Pindah Faskes 1 KIS PBI  Dengan mendatangi kantor bpjs kesehatan peserta harus membawa beberapa dokumen sebagai berikut : 1). Foto copy Kartu Keluarga (KK)  2). Foto copy KTP (Bawa asli untuk yang melapor ke kantor bpjs kesehatan)  3). Kartu KIS PBI Asli dan Foto copy  Di Kantor BPJS nanti anda akan diberikan formulir isian, isi sesuai data diri Anda, dan isi sesuai faskes 1 yang dituju. || Admin – 16 Februari 2020 .
  6. Pertanyaan/Pengaduan :
    Saya ubaidillah dari pranggang plosoklaten. Mau bertanya, bagaimana cara membuat jamkesda baru? Terimakasih. (Ubaidillah, Ds.pranggang Kec. plosoklaten kab. Kediri)
    Jawaban :
    Yth. Bapak/Saudara Ubaidillah di Pranggang Plosoklaten, perlu diketahui bahwa Jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA) ada 2 kategori, (1) Jamkesda dengan SKM (Surat Keterangan Miskin) berlaku khusus untuk RSUD di wilayah Kabupaten Kediri (pasien berobat di RSUD Pare & RSUD SLG) masa berlakunya 1 tahun. (2) Jamkesda dengan SPM (Surat Pernyataan Miskin) berlaku untuk RSUD diluar wilayah Kabupaten Kediri (pasien berobat ke RSUD diluar RSUD Pare & RSUD SLG) masa berlakunya 1 bulan. Untuk persyaratannya antara lain: Foto Kopi Kartu Keluarga (KK) yang masih berlaku, Foto Kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku, Foto Kopi Akte/Surat Kelahiran untuk bayi & anak (belum punya KTP), Surat Rujukan/ Rawat Inap, Surat Keterangan Miskin, Surat Pernyataan bermaterai 6000, Surat Rekomendasi dari Dinas Sosial Kabupaten Kediri. Prosedurnya untuk Jamkesda dengan SKM (Kategori 1) setelah semua persyaratan lengkap dibawa ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, sedangkan untuk Jamkesda dengan SPM (Kategori 2) setelah persyaratan lengkap dibawa ke Dinas Sosial Kabupaten Kediri untuk mendapat persetujuan, setelah persyaratan disetujui oleh Dinas Sosial baru dibawa ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri. (Seksi SDM Kesehatan dan Pembiayaan Kesehatan) || Admin – 11 Februari 2020 .
  7. Pertanyaan/Pengaduan :
    Selmat sore, saya ingin bertanya bisa kah jika tinggal di kasembon lalu ingin bikin BPJS di pare kediri? (Maulida rahma, Kasembon, malang)
    Jawaban :
    Yth. Saudari Maulida Rahma di Kasembon Malang. Untuk masyarakat yang ingin menjadi peserta BPJS Kesehatan dapat mendaftar di Kantor Cabang BPJS Kesehatan dimana saja, walaupun e-KTP peserta yang bersangkutan tidak sesuai dengan wilayah kerja Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. || Admin – 03 Februari 2020 .
  8. Pertanyaan/Pengaduan :
    Cara membuat kartu kis bagaimana ya ? Terimakasih (Asiyah nita, Pelemahan)
    Jawaban :
    Yth. Saudari/Ibu Asiyah Nita di Plemahan. Perlu diketahui bahwa Kartus KIS yang ada saat ini terdiri dari 2 macam yaitu Kartu KIS dari Peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran) yang dulunya disebut Jamkesmas dan Kartu KIS dari Peserta Non PBI. Kartu KIS yang mungkin Saudara maksud adalah Kartu KIS dari Peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran). Penerima Bantuan Iuran (PBI) ini terdiri dari fakir misikin, orang tidak mampu dan PMKS dan sebagainya. Kartu KIS Peserta PBI ini ditentukan oleh Pemerintah berdasarkan database PPLS tahun 2011. Pemegang Kartu KIS Peserta PBI yang saat ini sudah ditentukan kuotanya dari Pemerintah Pusat, jadi tidak serta merta sesorang bisa meminta untuk mendapatkan Kartu KIS Peserta PBI. Tetapi Saudara bisa melakukan pengusulan agar bisa mendapatkan Kartu KIS Peserta PBI selama Saudara termasuk kategori masyarakat miskin dan tidak mampu dengan persyaratan-persyaratan dapat menghubungi perangkat desa setempat . Setelah melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan untuk kemudian diteruskan ke petugas TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) yang ada di masing-masing Kecamatan. Dari tingkat Kecamatan, usulan-usulan Peserta PBI akan diteruskan ke Dinas Sosial Kabupaten. Begitu seterusnya sehingga data usulan-usulan tadi masuk ke Kementerian Sosial RI untuk diproses untuk dijadikan Peserta PBI yang akan menerima Kartu KIS Peserta PBI. || Admin – 03 Februari 2020 .
  9. Pertanyaan/Pengaduan :
    Perkenalkan nama saya anisa mahasiswa kebidanan dari kediri mau bertanya . Berapa ibu hamil yang rutin dan tidak rutin dalam melakukan kunjungan ulang ANC di wilayah duwet wates kabupaten kediri pada tahun 2019 terimakasih . (Anisa, blitar)
    Jawaban :
    Selamat Pagi Saudari Anisa di Blitar. Mohon maaf, terkait pertanyaan Saudari kami masih belum tersedia datanya, Saudari bisa datang langsung ke UPTD Puskesmas Wates Jl. Wates-Pare No.74 Ds. Wates Kec. Wates dengan membawa surat permohonan data/informasi. || Admin – 03 Februari 2020 .
  10. Pertanyaan/Pengaduan :
    Sore,mau tanya di puksesmas wates itu mau minta surat keterangan sakit pakai kis itu bkira kira bayar berapa? (Melka, Wates kediri)
    Jawaban :
    Yth. Saudari Melka di Wates Kediri, untuk surat keterangan sakit menggunakan Kartu Indonesia Sehat/ KIS di Faskes tidak dipungut biaya/ gratis. || Admin – 03 Februari 2020 .

KIRIM PERTANYAAN/PENGADUAN

CATATAN :
Pertanyaan/Pengaduan yang Anda kirimkan akan kami jawab minimal dalam 1 x 24 jam pada hari kerja (Senin - kamis, mulai jam 07.15 - 15.30 WIB. Jumat, mulai jam 07.00 - 11.30 WIB.)

Pertanyaan/Pengaduan yang dikirim diluar jam kerja dan pada hari libur akan kami jawab pada hari kerja selanjutnya.

Untuk pertanyaan/pengaduan yang belum terjawab (dan atau tidak tampil dalam daftar pertanyaan serta jawaban di bawah) silahkan menghubungi/datang langsung ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dengan ketentuan membawa surat pengantar/surat permohonan informasi dan dokumentasi, dengan mencantumkan identitas yang jelas, alamat & nomor telepon, menyampaikan secara jelas jenis informasi & dokumentasi yang dibutuhkan serta mencantumkan maksud & tujuan permohonan informasi & dokumentasi (Sesuai Bab V Pasal 13 Peraturan Bupati Kediri Nomor 17 tahun 2015 tentang Pedoman Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri)
Terima kasih.
Nama:


Alamat:


Email:


Pertanyaan:


reCaptcha: