« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

PERINGATI HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA, GELAR WORKSHOP KESEHATAN JIWA


Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 21 Oktober 2022.

KABUPATEN KEDIRI, JP Radar Kediri– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri menggelar workshop kesehatan jiwa kepada ratusan pelajar kemarin (17/10). Acara digelar di aula SMAN 1 Grogol. Pesertanya perwakilan siswa SMAN 1 Grogol, SMKN 1 Grogol, dan SMK Al Huda Grogol. 

Kepala Dinkes Kabupaten Kediri dr Ahmad Khotib melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Dinkes dr Bambang Triyono Putro membuka workshop tersebut. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa setiap 10 Oktober. Workshop menghadirkan tiga narasumber. Mereka adalah Kabid P2P Dinkes Kabupaten Kediri dr Bambang Triyono Putro, Psikolog Vivi Rosdiana, dan Kepala Puskesmas Grogol dr Arni Sufilianti.

Dalam sambutannya, dokter Bambang mengatakan, sesuai tema pulih bersama generasi sehat jiwa, artinya jika kesehatann jiwa optimal menjadikan generasi muda yang unggul. Menurutnya, dinkes banyak melakukan kegiatan sosial pos pembinaan terpadu (posbindu). Di dalamnya ada instrumen untuk mengukur gangguan emosional mental kesehatan jiwa. “Tidak hanya di satuan kerja lingkup Pemerintah Kabupaten Kediri, namun juga di sekolahan akan dibentuk kader kesehatan posbindu,” ucapnya. Saat ini, lanjut Bambang, banyak anak-anak muda emosional mentalnya labil. Apalagi, adanya bullying di lingkup sekolah akan berpengaruh terhadap kesehatan jiwa. Yaitu gangguan emosional mental anak. Ia berharap, kegiatan workshop berlanjut ke sekolah lain untuk mewujudkan generasi muda yang sehat fisik, psikis, dan sosial sehingga menjadi generasi masa depan bangsa.

Terpisah, Vivi Rosdiana mengatakan, pentingnya peran orang tua dan guru dalam mendidik dan mengelola emosional anak untuk mencapai cita-cita. “Semakin tinggi jenjang pendidikan, semakin besar pula tanggung jawabnya, hal ini perlu dikelola emosional mentalnya, agar sehat jiwanya,” pungkasnya. (adv/ik2/ndr)




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF