Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

KUNJUNGAN DAN IMPLEMENTASI TERAPI AKTIFITAS KELOMPOK DI UPT RSBL KRAS KEDIRI DALAM RANGKA MEMPERINGATI HKJS 2020


Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 29 November 2020.

Setiap tahun tanggal 10 Oktober, dunia memperingati Hari Kesehatan Jiwa. Tujuannya adalah untuk menghormati hak-hak Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK)  dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), memperluas program pencegahan masalah kesehatan jiwa antara penduduk rentan, memperluas pelayanan yang memadai dan mendekatkan akses bagi mereka yang membutuhkan, serta meningkatkan upaya kesehatan jiwa secara optimal.

Tahun ini Federasi Dunia untuk Kesehatan Jiwa (WPMH) menetapkan tema Mental Health for All, Greater Invesment-Greater Acces. Everyone Everywhere dengan Sub Tema “Sehat Jiwa di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi COVID-19 Menuju SDM Unggul, Indonesia Maju”. Peringatan HKJS merupakan momentum kampanye masif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan masalah Kesehatan Jiwa diseluruh pelosok tanah air yang bertujuan untuk meningkatkan komitmen dan kepedulian seluruh komponen masyarakat dalam rangka mewujudkan Masyarakat Indonesia Sehat Jiwa. Kementerian Kesehatan memiliki peran penting dalam upaya pencegahan dan pengendalian masalah kesehatan jiwa, melalui rangkaian acara peringatan HKJS diharapkan bisa memberikan informasi yang tepat bagi masyarakat terhadap berbagai regulasi dan perkembangan terkini dalam upaya peningkatan Kesehatan Jiwa.

 

Dalam rangka memperingati HKN ke 56 dan HKJS tahun 2020 Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri mengadakan kegiatan Kunjungan dan Implementasi Terapi Aktifitas Kelompok di UPT RSBL (Rehabilitasi Sosial Bina Laras) Kediri (Jumat, 27 November 2020) yang bertempat di Desa Butuh Kecamatan Kras. Rangkaian kegiatan berlangsung meriah, acara dimulai dengan Senam Maumere Gemu Famire yng diikuti oleh seluruh peserta acara yaitu para Programmer Jiwa perwakilan dari 37 (tiga puluh tujuh) UPTD Puskesmas se-Kabupaten Kediri, Staf RSBL Kediri dan perwakilan  ODGJ terpilih. Dilanjut dengan upacara pembukaan yang diisi dengan beberapa sambutan, sambutan pertama disampaikan oleh Etik Siti Rahayu, SKM., Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Dan Kesehatan Jiwa sekaligus sebagai Ketua Panitia Kegiatan. Sambutan kedua disampaikan oleh Drs. Agung Riyanta, MM, Kepala UPT Rehabilitasi Sosial Bina Laras Kediri, dilanjutkan penyerahan secara simbolis kenang-kenangan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri kepada RSBL Kediri dilanjut dengan sambutan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, H. Saeroni, SP.,MM.

 

Maksud dan Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mengimlementasikan aktivitas kelompok dengan UPT RSBL Provinsi Jawa Timur di Kediri dan untuk menambah wawasan teman-teman Programmer Jiwa Kabupaten Kediri tentang terapi aktivitas kelompok yang dilakukan UPT RSBL Provinsi Jawa Timur di Kediri. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan jiwa melalui pemberdayaan keluarga dan masyarakat inklusif dan komprehensif di Kabupaten Kediri, meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri ODGJ dalam beraktualisasi diri dan pengembangan potensi diri yang dimiliki, meningkatkan rasa kekeluargaan dan silaturahmi antar ODGJ dan pendamping kesehatan di wilayah Kabupaten Kediri, meningkatkan inovasi dan kreatifitas tenaga kesehatan dalam pengembangan program pelayanan kesehatan jiwa serta menurunkan stigma keluarga dan masyarakat pada ODGJ.

© SGI-2020




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF