Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

PERTANYAAN DAN PENGADUAN MASYARAKAT

ALUR LAYANAN



 

PERTANYAAN/PENGADUAN MASYARAKAT

  1. Pertanyaan/Pengaduan :
    Assalammualaikum wr.wb, permisi saya mahasiswa dari poltekkes kemenkes Malang ingin bertanya tentang masalah gizi pada balita, didaerah tertinggi pada tahun 2016 dan 2017 didaerah mana? Dan masalah gizi tersebut spesifikasinya lebih tinggi mengenai apa? Trimakasih,wasalammualaikum.wr.wb (Vita Oktavian, Jombang)
    Jawaban :
    Waalaikumussalam wr. wb. Saudari Vita Oktavian, Permasalahan Gizi di Kabupaten Kediri masih seputar BBSK (Berat Badan Sangat Kurang) namun sudah jauh menurun dibawah target nasional (sebesar <5%), untuk tahun 2016 sebanyak 0,6% dan tahun 2017 sebanyak 0,59%. Daerah tertinggi untuk tahun 2016 berada di Puskesmas Pranggang sebesar 1,09%, Puskesmas Kepung sebesar 1,06% dan Puskesmas Gampeng senesar 1,07%. Pada tahun 2017 daerah tertinggi ada di Puskesmas Benda sebesar 1,7% dan Puskesmas Pelas serta Kunjang masing sebesar 1,08% (Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi) || Admin – 03 Agustus 2018 .

  2. Pertanyaan/Pengaduan :
    Assalamualaikum.WR.WB untuk perijinan usaha pentol bakso di kemas plastik itu ijin nya di pirt /BPOM y... Soalnya mau di pasar kan di minimarket di kemas plastik masuk kulkas terimakasih (Rudy, Jln Jombang kandangan)
    Jawaban :
    Waalaikumussalam wr. wb. Saudara Rudy, untuk produk pangan yang bahan bakunya berasal dadi daging, ikan, unggas dan hasil olahan yang memerlukan penyimpanan beku (masuk pendingin/ kulkas) maka ijinnya ke BPOM. Contoh produk: bakso, sosis, nugget. (Seksi Kefarmasian, Makanan dan Minuman). || Admin – 03 Agustus 2018 .

  3. Pertanyaan/Pengaduan :
    Slmt mlm,,,maaf sy mau tanya ttg pemegang krt bpjs mandiri kl seandainya mau minta rujukan buat periksa ke rmh skt/poli apakah ad syarat khusus biar dpt rujukan dr puskesmas setempat jika pasien sdh berkali" berobat ke puskesmas tp ttep g ad perubahan,,,,trmksh (Lusiana, Puhjarak)
    Jawaban :
    Selamat malam Saudari/Ibu Lusiana, yang perlu diketahui dari peserta BPJS adalah terdapat prosedur yang harus di ikuti pasien ketika ingin berobat menggunakan kartu BPJS Kesehatan, dimana ketika peserta mengalami keluhan terhadap kesehatannya maka dapat pergi ke faskes sesuai yang telah dipilih dan tertulis dalam kartu peserta. Peserta tidak diperkenankan untuk langsung pergi ke rumah sakit sebelum ke faskes tinggkat 1 terlebih dahulu, kecuali dalam keadaan darurat maka peserta dapat langsung ke rumah sakit rekanan BPJS Kesehatan. Prosedur inilah yang kurang di mengerti oleh peserta BPJS Kesehatan. Informasi ini telah di publikasikan di website resmi BPJS Kesehatan, sudah di sampaikan pada saat peserta mendaftar di kantor bpjs dan beberapa media kesehatan lainnya. Hanya saja, banyak peserta yang merasa belum mendapatkan informasi tersebut. Lantas, Apakah Pasien BPJS boleh meminta surat rujukan? Pasien BPJS harusnya mengerti dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di BPJS Kesehatan sebelum menggunakannya, dimana pasien BPJS hanya akan di rujuk ketika ada indikasi medis tingkat lanjut, seperti perlu mendapatkan penanganan serius dari dokter spesialis, perlengkapan kesehatan yang tidak lengkap di faskes 1, dll. Ketika pasien dapat sembuh di faskes 1 (puskesmas / klinik) maka tidak perlu di lakukan rujuk ke rumah sakit. Sedangkan bagi pasien yang meminta surat rujukan, maka biasanya surat rujukan akan di tulis APS (Atas Permintaan Sendiri). Urusan dirujuk atau tidak akan menjadi tanggung jawab dokter yang ada di faskes 1, maka pasien tidak perlu terlalu cemas, karena dokter yang bertugas di faskes 1 cukup berkompeten terhadap bidangnya. Dokter akan merujuk ke faskes tingkat lanjutkan ketika penyakit pasien tidak bisa di atasi di faskes 1. Kesimpulannya : Pasien tidak diperkenankan meminta surat rujukan kepada dokter tanpa ada indikasi medis, jika peserta memaksa untuk meminta surat rujukan maka dalam kasus ini tidak akan menjadi tanggung jawab dari BPJS Kesehatan, peserta akan dinyatakan sebagai pasien umum. || Admin – 06 Agustus 2018 .

  4. Pertanyaan/Pengaduan :
    Selamat siang. Mohon informasi, bagaimana prosedur dan cara suatu industri rumah tangga memperbaui PIRT dari yg 12 digit ke yang 15 digit? Nomor PIRT apakah berlaku seumur hidup? Terima kasih. (Tika, Kediri)
    Jawaban :
    Selamat siang Ibu/Saudari Tika, untuk memperbarui nomor PIRT adalah dengan mengumpulkan sertidikat PIRT yang lama. Nomor PIRT berlaku selama 5 (lima) tahun dan bisa diperpanjang selama masih memenuhi persyaratan. (Seksi Kefarmasian, Makanan dan Minuman) || Admin – 01 Agustus 2018 .

  5. Pertanyaan/Pengaduan :
    Assalamualaikum wr.wb, saya mahasiswi Stikes Karya Husada Kediri. Maaf saya mau tanya untuk jumlah lansia yang menderita asam urat di kabupaten kediri berapa ya? Dan untuk kasus yang sama di puskesmas adan-adan kabupaten kediri berapa? Terimakasih (Meyshi Rahma S., Dan Bendo Pare-Kediri) (Meyshi Rahma Sari , Bendo-Pare)
    Jawaban :
    Waalaikumussalam Wr. Wb. Sdri. Meyshi Rahma Sari, terima kasih atas pertanyaan dan kunjungannya ke website kami. Mohon maaf, pertanyaan mengenai jumlah/data menderita asam urat dipersilahkan Saudari datang langsung ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dengan membawa Surat Permohonan Data. (seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa/P2PTM dan Keswa) || Admin – 16 Juli 2018 .

  6. Pertanyaan/Pengaduan :
    Assalamualaikum wr. WB. Saya Fitri Lailiyah mahasiswa dari STIKES karya Husada pare. Mohon maaf saya mau bertanya angka kejadian gangguan jiwa di kabupaten Kediri berada banyak ya ? Terimakasih (Fitri Lailiyah, Ngadiluwih kediri)
    Jawaban :
    Waalaikumussalam Wr. Wb. Sdri. Fitri Lailiyah, terima kasih atas pertanyaan dan kunjungannya ke website kami. Mohon maaf, dikarenakan pertanyaan Saudari berhubungan dengan angka/data dipersilahkan datang langsung ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dengan membawa Surat Permohonan Data. (seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa/P2PTM dan Keswa) || Admin – 16 Juli 2018 .

  7. Pertanyaan/Pengaduan :
    Assalamualaikum.. Selamat malam.. Maaf saya mau tanya hasil psikotest dan tes wawancara penerimaan tenaga kontrak non pns RSUD Simpang Lima Gumul Kab.Kediri apakah sudah keluar? Kalau belum keluar, kira-kira kapan hasil tesnya diumumkan? Terima kasih. (Erik, Wonosari-Pagu) (Erik Wuri P., Ds.Wonosari Kec.Pagu Kab.Kediri)
    Jawaban :
    Waalaikumussalam wr. wb. Sdr./Sdri. Erik Wuri P., diinformasikan bahwa Pengumuman Hasil Seleksi Psikotes dan Wawancara bisa dilihat di email masing-masing peserta mulai tanggal 19 Juni 2018, bagi yang belum mendapatkan email harap segera mengirimkan alamat email aktif ke Email Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dengan menyertakan data Nomor Register Peserta dan Nama Lengkap Peserta. Bagi peserta yang lolos, harap menyiapkan Kartu Kuning dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten/Kota masing-masing dan dibawa saat pemberkasan. (Informasi dapat dilihat juga di running teks website Dinkes Kab. Kediri). Informasi dari Tim Rekrutmen Calon Tenaga Kontrak Non PNS di UPTD RSUD Simpang Lima Gumul bahwa Pengumuman Hasil Seleksi Psikotes dan Wawancara sudah dikirim ke seluruh ALAMAT EMAIL PESERTA SAAT REGISTRASI SELEKSI dan beberapa konfirmasi email aktif. Jika tidak terdapat di KOTAK MASUK/INBOX mohon cek di KOTAK SPAM. Bagi yang Lolos seleksi terlampir pula ketentuan dan jadwal pemberkasan, untuk SKCK dikeluarkan oleh Polres/Polsek setempat. Terima kasih atas kunjungannya ke website kami. || Admin – 25 Juni 2018 .

  8. Pertanyaan/Pengaduan :
    Assalamualaikum Wr. Wb. maaf saya ingin bertanya saya mendengar bahwa di dinas kesehatan kabupaten kediri ada pemeriksaan bakteriologi pada makanan dan minuman, apakah memang ada? kalau memang benar ada adakah no. kontak yang bisa dihubungi? (IHDA FARIHATUN NISA, NGANJUK)
    Jawaban :
    Waalaikumussalam wr. wb. Ibu/Sdri. Ihda Faridatun Nisa, terima kasih atas pertanyaan dan kunjungannya ke website kami. UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (LABKESDA) bisa melakukan pemeriksaan makanan dan minuman tapi parameternya terbatas, hanya pemeriksaan ALT (Angka Lempeng Total), Jamur dan Escherichia coli (E. Coli) kualitatif. Mengenai tarif silahkan lihat di menu UPTD Dinkes, Laboratorium. Nomor kontak yang bisa Ibu/Sdri. hubungi Diana Tresnawati : 085 6364 9795 & Haris Solikin : 081 1331 4051. (UPTD Labkesda) || Admin – 24 Januari 2018 .

  9. Pertanyaan/Pengaduan :
    Assalamualaikum wr wb. maaf saya ingin tanya mengenai program kesehatan. Apakah ada program kesehatan dari pembab Kedeiri untuk keluarga tidak mampu? tetangga saya tertimpa musibah mengalami patah tulang di tangan kanan. Mau di operasi tapi tidak memiliki biaya. untuk operasi saja biaya nya lebih dari 20jt. Sementara bapak nya kerja sebagai kuli bangunan ibunya serabutan di rumah kerjanya, dulunya momong sekarang sudah tidak.Posisi tangan anaknya ini masih patah & kecelakaan nya tgl 23 Desember 2017. Sementara masih dibiarkan. Dan saya bawa ke klinik tgl 15 Januari 2018 untuk foto ronsen hasilnya posisi tulang patah jadi 2. Kalau pemkot Kediri kan ada program pengobatan gratis bagi warga kota cukup melampir kan foto copy KTP & surat rujukan dari puskesmas. Kalau PEMKAB ada nggak program untuk keluarga kurang mampu. Mohon penjelasannya & dan di dusun saya kartu KIS banyak warga yg kurang mampu belum memiliki. Terima kasih saya sangat berharap penjelasannya (ahmad deni, Dsn. Suro Ds. Sidomulyo Kec. Semen Kab. Kediri)
    Jawaban :
    Waalaikumussalam wr. wb. Bpk./Sdr. Ahmad Deni, terima kasih atas pertanyaan dan kunjungannya ke website kami. Pemerintah Kabupaten Kediri telah menyelenggarakan Program JAMKESDA (Jaminan Kesehatan Daerah) untuk membiayai pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu yang tidak tercover oleh Program JKN. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang administrasi pengurusan program JAMKESDA bisa menghubungi Bidan Desa terdekat atau Aparat Desa setempat. Semoga informasi tersebut bermanfaat. || Admin – 24 Januari 2018 .

  10. Pertanyaan/Pengaduan :
    Assalamualaikum wr wb Selamat pagi. Saya ingin bertanya tentang P-IRT, bagaimana cara mengurus P-IRT, lama waktu mengurus, dan syarat yang harus dipenuhi. Dan berapa lama masa berlaku dari P-IRT? Terimakasihkasih. (Dina, nganjuk) (Dina eka, Nganjuk)
    Jawaban :
    Waalaikumussalam wr. wb. Sdri. Dina Eka, terima kasih atas pertanyaan dan kunjungannya ke website kami. Blanko/Format Permohonan P-IRT bisa di download di menu "Layanan Publik" pilih "Perijinan" pada bagian "Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT)" (untuk pengajuan P-IRT di wilayah Kabupaten Kediri), sedangkan persyaratan yang harus dipenuhi adalah : (1) Mengikuti Penyuluhan Keamanan Pangan; (2) Bersedia diperiksa sarana produksi. Untuk masa berlaku P-IRT 5 tahun. (Seksi Kefarmasian, Makanan dan Minuman) || Admin – 12 Oktober 2017 .




KIRIM PERTANYAAN/PENGADUAN

CATATAN :
Pertanyaan/Pengaduan yang Anda kirimkan akan kami jawab minimal dalam 1 x 24 jam pada hari kerja (Senin - kamis, mulai jam 07.15 - 15.30 WIB. Jumat, mulai jam 07.00 - 11.30 WIB.)

Pertanyaan/Pengaduan yang dikirim diluar jam kerja dan pada hari libur akan kami jawab pada hari kerja selanjutnya.

Untuk pertanyaan/pengaduan yang belum terjawab (dan atau tidak tampil dalam daftar pertanyaan serta jawaban di bawah) silahkan menghubungi/datang langsung ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dengan ketentuan membawa surat pengantar/surat permohonan informasi dan dokumentasi, dengan mencantumkan identitas yang jelas, alamat & nomor telepon, menyampaikan secara jelas jenis informasi & dokumentasi yang dibutuhkan serta mencantumkan maksud & tujuan permohonan informasi & dokumentasi (Sesuai Bab V Pasal 13 Peraturan Bupati Kediri Nomor 17 tahun 2015 tentang Pedoman Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri)
Terima kasih.
Nama:

Alamat:

Email:

Pertanyaan: