Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

DEKLARASI KECAMATAN STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN (SBS) DI BALAI DESA BEDALI KECAMATAN NGANCAR




Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 03 Juni 2016.

Pada hari Jumat tanggal 3 Juni 2016 ini, Ibu Bupati kediri dr. Hj Haryanti Sutisno, meresmikan acara deklarasi Kecamatan Ngancar sebagai Kecamatan Stop Buang air besar Sembarangan (SBS). Kecamatan Ngancar merupakan kecamatan pertama yang berhasil mensukseskan progran Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS). Acara yang dihadiri oleh seluruh SKPD, Camat dan seluruh kepala UPTD Puskesmas se- Kabupaten Kediri tersebut berlangsung meriah meskipun digelar pada siang hari.

Turut hadir pula dari Dinas Kesehatan Provinsi yakni Bpk. Edi Basuki (Kepala Seksi PL Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur) dalam acara deklarasi tersebut, beliau sangat mengapresiasi masyarakat Kediri khususnya masyarakat Kecamatan Ngancar yang sangat pro aktif dalam program SBS yang merupakan salah satu program unggulan Dinas Kesehatan Provinsi.

Ibu Bupati Kediri dalam sambutannya berpesan untuk memicu kecamatan lain agar segera menyusul kesuksesan Camat Ngancar (Bpk. Ngaseri) dalam program SBS ini, sehingga kedepan bisa terwujud Kabupaten Kediri Stop Buang air besar Sembarang. Kepedulian pemerintah pusat sudah tertuang dalam Permenkes No. 03 Tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, kemudian direspon dengan Surat Edaran Bupati Kediri No. 660/119/418.48/2015 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang mana dalam surat edaran tersebut menghimbau bahwa setiap wilayah Puskesmas minimal dalam satu tahun  satu desa ODF (Open Defecation Free). Ibu Bupati juga mengunjungi dan berdialog dengan warga untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan.

Kesuksesan ini tak luput dari dukungan semua pihak, baik swasta, jajaran Muspika dan Muspida yang diimplementasikan dalam bentuk dana hibah, bansos, CSR, dana desa dan swadaya masyarakat itu sendiri. Sebelum desa Pandantoyo, Jagul, Kunjang, Bedali dan Margurip berstatus SBS, telah ada yaitu desa Pandantoyo, Jagul, Kunjang, Bedali dan Margurip berstatus SBS di tahun 2013. Dengan keberhasilan ini semoga bisa menjadi pemicu bagi Kecamatan lain yang belum berstatus SBS untuk segera berstatus SBS. 

(Seksi Penyehatan Lingkungan) - [SGI]




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF