Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

AYO KITA DUKUNG DAN SUKSESKAN KABUPATEN SEHAT UNTUK KABUPATEN KEDIRI




Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 28 April 2016.

Kerja keras di Tahun 2014 dan 2015 membuahkan hasil untuk menuju Kabupaten Sehat, pada hari Selasa 19 April 2016 Tim Pembina dan Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Kediri memberikan Piagam Penghargaan kepada Kecamatan dan Desa yang sudah mendukung sampai berhasil menyabet penghargaan “SWASTI SABA PADAPA”.

Kabupaten Kediri mendapat penghargaan dua Tatanan yaitu Tatanan Kawasan Sarana Prasarana Pemukiman Sehat dan Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri melalui Sekretaris Dinas Kesehatan H. Saeroni SP.,MM. mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasama dari semua pihak terutama Kecamatan dan Desa.

Kabupaten Sehat adalah suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat beserta pemerintah daerah. Penyelenggaraan Kabupaten sehat adalah berbagai kegiatan dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat melalui forum yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten melalui SKPD sebagai Tim Pembina Kabupaten Sehat.

Pemerintah Kabupaten Kediri hanya bisa memberikan Piagam Penghargaan kepada Kecamatan dan Desa yang sudah berhasil dan berperan serta dalam verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional sehingga Kabupaten Kediri meraih penghargaan SWASTI SABA PADAPA di tahun 2015 yaitu:

  1. Forum Komunikasi Kecamatan Sehat diberikan penghargaan kepada Kecamatan Ngancar, Pare, Pagu, Gurah, Ngasem dan Wates.
  2. Puskesmas dengan Pelayanan Prima diberikan kepada Puskesmas Pagu.
  3. Pokja Desa Sehat Diberikan penghargaan Kepada :
    1. Desa Tertek dan Desa Bendo Kecamatan Pare.
    2. Desa Turus Kecamatan Gurah.
    3. Desa Sukorejo Kecamatan Ngasem.
    4. Desa Wates Kecamatan Wates.
    5. Desa Babadan Kecamatan Ngancar dengan Kelompok Tani Desa Babatan
  4. Bank Sampah Sehat diberikan kepada Bank Sampah Kartini Kecamatan Gurah
  5. SMP sehat diberikan kepada SMPN 2 Gurah.

Sesuai hasil keputusan rapat Forum Kabupaten Sehat di tahun 2016 ini Pemerintah Kabupaten Kediri malalui Dinas Kesehatan akan mengajukan 6 (enam) Tatanan Kabupaten Sehat. Sekitar pertengahan bulan Mei 2016 mendatang akan dikirim dokumen dan data pendukung lainnya ke Provinsi Jawa Timur. Untuk bisa menyabet penghargaan yang lebih tinggi lagi yaitu “SWASTI SABA WIWERDA”. 6 Tatanan yang kita ajukan yaitu :

  1. Kawasan Pemukiman, Sarana dan Prasarana Sehat.
  2. Kawasan Pariwisata Sehat.
  3. Kawasan Hutan Sehat.
  4. Ketahanan Pangan dan Gizi.
  5. Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri.
  6. Kehidupan Sosial yang Sehat.

Diharapkan ada dukungan dari Dinas terkait atau SKPD seperti Dishub, DKP/LH, DPU, Disdikpora, Bapeda, Disbudpar, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, BKP3, Dinas Pertanian, BPPKB, Dinas Sosial,  BPMPD dan SKPD lainnya ditambah Kecamatan yang mencakup ke enam Tatanan yang kita ajukan supaya Kabupaten Sehat tahun 2017 bisa kita raih lagi dengan menyabet penghargaan “SWASTI SABA WIWERDA”. Aamiin...

(Forum Kabupaten Sehat melalui Seksi Promkes Dinkes Kab. Kediri). [SGI]




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF