Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

PERINGATAN HARI KARTINI TAHUN 2016 DINAS KESEHATAN KABUPATEN KEDIRI


Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 26 April 2016.

Makna hari Kartini yang diperingati tanggal 21 April setiap tahunnya sangatlah besar. Banyak pesan yang disampaikan lewat perjuangan yang telah dibangun oleh seorang Kartini muda semasa hidupnya. Bagi wanita masa kini, peran adanya peringatan hari tersebut merupakan sebuah kebanggaan tersendiri karena Kartini menjadi pelopor untuk sebuah kemajuan wanita terutama di Indonesia. Dengan hal itu makna hari Kartini bukan hanya menjadi upacara perayaan semata.

Kartini merupakan sosok perempuan Indonesia yang berusaha untuk bisa meningkatkan derajat perempuan agar bisa lebih baik dari segi pendidikan. Dampak dari perjuangannya tersebut hingga kini masih terasa. Beberapa hal yang menjadikan makna hari Kartini begitu bermanfaat bagi seorang perempuan diantaranya, mendapatkan pendidikan yang setara. Seorang perempuan memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan. Itulah juga yang merupakan inti dari perjuangan Kartini dalam membebaskan kaum perempuan dari kebodohan. Kini hal tersebut tampak nyata dari banyaknya perempuan yang telah mengenyam pendidikan yang tinggi dan akhirnya memiliki profesi yang sangat baik di bidangnya. Hal ini bahkan menjadi sebuah kebanggaan bagi Indonesia karena memiliki perempuan hebat yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Kesetaraan pendidikan juga berlaku mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Bahkan tak jarang seorang perempuan memiliki kegigihan yang lebih tinggi dibandingkan dengan para pria. Sehingga banyak dari mereka yang memiliki prestasi terbaik di bidang akademik. Oleh karena itu jangan remehkan peran perempuan dalam kemajuan Indonesia.

Makna hari Kartini menjadi moment tersendiri bagi mereka yang merasa ditindas di keluarga atau di lingkungannya berada. Dengan adanya semangat Kartini, kaum perempuan memiliki hak untuk melawan dari berbagai tindakan kekerasan seperti yang terjadi dalam rumah tangga. Hukum pun menjamin kebebasan perempuan tersebut sehingga bagi mereka yang berani menyakiti perempuan dapat dikenai pasal hukum yang berat. Hal ini sungguh jauh berbeda dengan jaman dulu dimana wanita lebih banyak ditindas dan diremehkan.

Pada hari Kartini tahun 2016 ini Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri memperingatinya dengan cara sederhana. Acara yang digelar di ruang pertemuan Dinas Kesehatan terasa meriah karena setiap staf memakai pakaian adat daerah. Acara tambah meriah saat di sela-sela acara Bapak Kepala Dinas Kesehatan, dr. Adi Laksono, MMRS melontarkan kuis, beliau memberikan beberapa pertanyaan seputar R.A. Kartini. Dengan mengusung tema “Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga Melalui Generasi Sehat, Ekonomi Kuat, Perempuan Bermartabat” diharapkan Bangsa Indonesia khususnya Kabupaten Kediri bertambah maju dengan adanya Kartini-Kartini baru yaitu seorang istri, seorang ibu, seorang karyawati, dan seorang anggota masyarakat yang selalu berkarya dengan tetap berpegang pada hakekatnya sebagai perempuan yang diciptakan untuk membantu suami dan merawat anak-anaknya.

Selamat Hari Kartini, 21 April 2016. [SGI]




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF