Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

DINAS KESEHATAN KABUPATEN KEDIRI DENGAN AKREDITASI PUSKESMAS


Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 23 Maret 2016.

(Seksi Promosi Kesehatan). Sesuai dengan Permenkes No. 75 tahun 2014 bahwa seluruh Puskesmas harus melakukan akreditasi paling lambat akhir tahun 2019. Terkait akan hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri sudah mempersiapkan diri sejak Bulan Oktober 2015 melalui beberapa kegiatan yaitu antara lain dengan mengadakan bimbingan teknis terhadap semua Puskesmas  (37 Puskesmas) di Kabupaten Kediri. Kemudian juga melakukan kegiatan dengan mengirimkan pelatihan akreditasi baik Tim Akreditasi Puskesmas maupun Pendamping Akreditasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri.

Sebagian besar Puskesmas di Kabupaten Kediri sudah melakukan kegiatan penggalangan komitmen baik secara internal maupun lintas sektor terkait. Penggalangan komitmen ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting sekali, karena tanpa adanya komitmen akreditasi akan menjadi tidak maksimal, karena perjalanan akreditasi memerlukan persiapan yang cukup panjang, mulai tahapan pra akreditasi yang meliputi penyusunan dokumen dan implementasi.

Saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri pada tahun 2016 menargetkan 20 Puskesmas untuk maju akreditasi dari total 37 Puskesmas di Kabupaten Kediri. Sebagai tahap persiapan awal kita sudah mengirimkan peserta pelatihan akreditasi Puskesmas dan pendamping akreditasi ke UPT Murnajati Lawang Kabupaten Malang sebanyak 20 Puskesmas dan 12 tim pendamping dari  Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri.

Beberapa langkah-langkah persiapan dalam rangka akreditasi hal yang sudah dilakukan oleh Dinas Kesehatan KabupatenKediri termasuk langkah-langkah meliputi : pendampingan melalui lokakarya Puskesmas, Penggalangan  komitmen dan penyusunan dokumen yang dibutuhkan dalam akreditasi sesuai instrumen akreditasi dalam Peraturan Menteri Kesehatan No 46 tahun 2015.

Oleh karena itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri (dr. Adi Laksono, MMRS.)  menghimbau agar kepada seluruh jajaran Kepala Puskesmas se-Kabupaten Kediri, bahwa suka tidak suka mau tidak mau seluruh Puskesmas harus segera mulai meyiapkan untuk melakukan persiapan akreditasi dengan didampingi oleh Tim Pendamping dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi : 
Seksi Pelayanan Kesehatan Medik Dasar dan Rujukan
Telp. (0354) 683756 - Email : yankesdasrujukan@gmail.com .



Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF