Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

PENCANANGAN BULAN BAKTI GERAKAN 3M DI KABUPATEN KEDIRI




Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 18 September 2015.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri melalui Seksi Pencegahan Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) menggelar Pencanangan Bulan Bakti Gerakan 3M (Menguras, Mengubur, Menutup) di seluruh wilayah UPTD Puskesmas, Jumat (11/9). Salah satu lokasinya adalah Desa Ngebrak Kecamatan Gampengrejo, karena menurut Etik Siti Rahayu, SKM. Kepala Seksi P2B2 Dinkes Kab. Kediri  Desa ini merupakan wilayah endimis penyebaran penyakit DBD. 

Kegiatan ini dihadiri dan diikiuti oleh seluruh siswa, guru-guru dan Muspika Kecamatan Gampengrejo. Dalam sambutannya Camat Gampengrejo Drs. Ec.H. Puji Hermono, SH, M.Si. mengatakan kita harus bersatu dan bersama-sama ikut memberantas penyebaran penyakit DBD, beliau menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat yang hadir dalam acara tersebut agar mensosialisasikan kepada anggota keluarga maupun masyarakat sekitarnya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dengan lingkungan yang bersih akan terhidar dari berbagai macam penyakit. Beliau juga berharap agar seluruh masyarakat melaksanakan 3M agar di tahun depan tidak ada lagi kejadian Luar biasa DBD di Kabupaten Kediri.

Dalam kegiatan tersebut Camat Gampengrejo, secara simbolis menyerahkan bubuk Abate dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri yang diberikan kepada Kepala sekolah SDN 1 Ngebrak dan Ketua Tim penggerak PKK Desa. 

Dalam kesempatan tersebut Kepala Sekolah SDN 1 Ngebrak mengatakan bahwa kita harus sejak dini menanamkan rasa tanggung jawab kepada anak-anak untuk selalu menjaga kebersihan. 

Selain itu secara simbolis dilaksanakan pula penguburan barang-barang bekas seperti botol dan kaleng bekas oleh anak-anak dan dilanjutkan penguburan barang bekas tersebut oleh Danramil, Kapolsek serta Camat Gampengrejo yang mendukung penuh kegiatan ini.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menekankan angka penularan dan kematian akibat penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ada di Kabupaten Kediri. Apalagi di tahun 2016 mendatang, harus mempersiapkan dari sekarang bagaimana antisipasi terhadap wabah nyamuk terlebih lagi menimbulkan korban jiwa.

Untuk menekan tingginya kasus DB tersebut, pertama masyarakat harus paham apa itu 3M, selanjutnya  yang kedua tempat tinggal kita harus kering. Biasanya yang menjadi permasalahan saat hujan, dirumah-rumah masih menggunakan penampungan air, untuk itu hendaknya diberi bubuk abate sehingga nyamuk tersebut tidak bertelor dalam air. Untuk tingkat pengetahuan masyarakat akan masalah DBD lumayan bagus, namun harus berkelanjutan. Penanganan masalah DBD tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah semata namun kedepannya mereka harus sadar dan ini merupakan tanggungjawab semua masyarakat untuk membrantas sarang nyamuk guna menekan angka DBD didaerahnya masing-masing (Seksi P2B2). [SGI]




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF