Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

FASILITASI KESIAPAN PUSKESMAS DALAM MEMBERIKAN KELANGSUNGAN DAN KUALITAS HIDUP ANAK SERTA PENINGKATAN PERAN KADER DALAM PROMOSI KESEHATAN ANAK




Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 09 April 2015.

Anak adalah investasi yang harus dipenuhi hak-haknya tidak terkecuali hak mereka akan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Pola asih, asah dan asuh yang diberikan harus sesuai standart siklus kehidupan, termasuk pemberian pelayanan kesehatan Kesehatan yang berkualitas selama masa neonatus, bayi, dan balita sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya.

Berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas baik perawatan neonatal esensial, penanganan neonatal dengan komplikasi, kunjungan neonatal, imunisasi maupun pertumbuhan disamping pelayanan kesehatan seperti penanganan bayi dan balita sakit. Salah satu satu solusi yang dilakukan adalah memperkuat pelayanan yang terintegrasi dalam Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan neonatus, bayi dan balita serta pelayanan yang terintegrasi baik di fasilitas kesehatan maupun pelayanan out reach harus direncanakan, diimplementasikan serta dievaluasi dengan sebaik-baiknya, tidak terkecuali memahami betul ketersediaan dan kondisi yang menyangkut sarana, prasarana  dan alat.

Di Kabupaten Kediri selama ini Dinas Kesehatan sudah bergandengan tangan bahu membahu dengan semua mitra terkait dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi. Salah satu diantaranya kerjasama dengan TP-PKK dalam pendampingan bumil risti, kerjasama dengan IBI dalam peningkatan SDM Bidan, bekerjasama dengan Kemenag dalam kursus calon pengantin sehingga dengan pertemuan ini kami berharap terjalin kerjasama yang lebih erat lagi antara para mitra terkait dengan Dinas Kesehatan yang pada akhirnya kita bisa memenuhi target zero pada kematian ibu dan bayi.

Dalam rangka peningkatan kesiapan Puskesmas memberikan pelayanan kelangsungan dan kualitas hidup anak serta peningkatan peran Kader dalam promosi kesehatan anak, Kementrian kesehatan ( Direktorat Bina Kesehatan Anak) difasilitasi Project GAVI untuk melaksanakan kegiatan fasilitasi bagi tenaga kesehatan di Puskesmas dan Kader Kesehatan di daerah Fokus Intervensi. Kediri termasuk daerah fokus intervensi dimana Puskesmas yang menjadi Fokus Intervensi adalah Puskesmas Wonorejo, Papar, Tiron, Gurah, Puhjarak, Badas, Puncu, Kandangan dan Sidomulyo.

Kegiatan ini dilaksanakan 2 hari dimana hari pertama diikuti oleh 32 orang peserta yaitu dari Dinas Kesehatan (Kasie KIB & Kespro beserta 1 orang staf, Kasie Yankes, Kasie Imunisasi, penanggung jawab ASPAK (Analisa Sarana dan Prasaran Alat Kesehatan Dinas Kesehatan) dan 9 Puskesmas fokus internvensi (dokter umum, Bidan yang melayani kesehatan anak, dan penanggung jawab ASPAK). Pada hari kedua diikuti oleh 62 orang peserta yang terdiri dari peserta hari pertama ditambah 30 orang Kader Kesehatan.

Mekanisme Fasilitasi yaitu :

  1. Pada hari pertama fasilitasi kepada peserta Puskesmas (Dokter/Bidan/ Perawat) terkait fasilitasi peningkatan peran Kader dalam Promosi Kesehatan Anak dan Imunisasi menggunakan paket Pedoman Kurikulum Pelatihan Kader Seri Kesehatan Anak.
  2. Pada hari kedua

Peserta Puskesmas (Penanggung jawab ASPAK) melaksanakan ASPAK secara on line. 

Peserta Puskesmas (Dokter/Bidan/Perawat) dibagi 5 kelompok / Pos:

1)  Peran kader dalam Upaya Kesehatan Bayi

2)  Peran kader dalam Promosi Pemenuhan Gizi Keluarga

3)  Peran kader dalam Peningkatan Cakupan Imunisasi

4)  Peran kader dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak

5)  Peran kader dalam Pertolongan pada penyakit-penyakit tersering pada anak

Pada hari kedua dihadirkan 30 orang kader yang dibagi ke dalam 5 Pos tersebut.

Output yang diharapkan pada acara ini adalah :

  1. Peserta Puskesmas (Dokter/ Bidan/ Perawat) mampu melakukan orientasi pada kader dengan baik dan benar sesuai paket Pedoman Kurikulum Pelatihan Kader Seri Kesehatan Anak.
  2. Kader mampu memberikan informasi kesehatan anak dan imunisasi pada masyarakat dengan baik dan benar sesuai Pedoman Kader Seri Kesehatan Anak. (Seksi KIB & KESPRO). [SGI]



Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF