Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

DESA BENDO KECAMATAN PAGU MASUK SEBAGAI NOMINATOR LOMBA HKG PKK-KB-KESEHATAN JAWA TIMUR 2015


Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 06 Maret 2015.

Satu lagi prestasi semakin dekat ditorehkan oleh kabupaten Kediri. Prestasi tersebut adalah masuknya Desa Bendo Kecamatan Pagu sebagai 3 besar nominasi dalam lomba Hari Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2015.

Dalam rangka pelaksanaan Hari Kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan tahun 2015 tingkat Provinsi Jawa Timur yang pada kali ini mengambil 3 Indikator yang dilombakan yaitu :

  1. Kegiatan Posyandu
  2. PHBS
  3. Lingkungan Sehat

Dari ketiga indikator lomba tersebut didapatkan 3 Kabupaten yang dinilai, salah satunya adalah Kabupaten Kediri. Proses penilaian dilakukan oleh juri yang berasal dari Provinsi Jawa Timur pada 26 Februari 2015. Tim juri tingkat Provinsi disambut langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK beserta Kepala Dinas Kesehatan dan Muspika Kec. Pagu.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat mampu menolong diri sendiri (mandiri) di bidang kesehatan.

Pada hari kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan kali ini ditunjuk Desa Bendo Kecamatan Pagu untuk menjadi wakil dari Kabupaten Kediri, Desa Bendo masuk menjadi salah satu nominator juara lomba HKG (Hari Kesatuan Gerak) PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi Jawa Timur dari 3 nominator terpilih, 2 nominator lain adalah Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Gresik.

Hal ini tidak lepas dari kegiatan-kegiatan inovasi yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Bendo beserta pihak terkait untuk mewujudkan Desa ber-Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Tatanan Rumah Tangga, kegiatan inovasi tersebut antara lain :

  1. KP – ASI. Kelompok Pendukung ASI ( Air Susu Ibu) merupakan kumpulan beberapa orang yang memiliki cita cita dan tujuan yang sama, yang bertemu secara rutin sebulan sekali yang dilaksanakan dengan situasi yang sangat bersahabatnyaman guna memberikan dukungan baik teknis, moral, emosinal kepada ibu hamil, bersalin, dan meneteki.
  2. POKJANAL DBD. Pokjanal DBD adalah Salah satu kegiatan dalam 10 indikator PHBS Rumah Tangga yaitu pemberantasan jentik nyamuk.
  3. Desa ODF (Open Defecation free), Desa Bendo pada Tahun 2014 telah terdeklarasi sebagai Desa ODF (Open Defecation Free), bahwa masyarakat tidak lagi buang air besar di tempat terbuka.
  4. Desa Siaga Aktif. Desa Bendo merupakan salah satu Desa Siaga Aktif di Kabupaten Kediri yang rutin melakukan kegiatan SMD (Survey Mawas Diri) & MMD (Musyawarah Masyarakat Desa). Hal ini di dukung juga dengan adanya Poskesdes yang aktif .

Dalam acara tersebut juga ditampilkan produk UMKM (Usaha Menengah Kecil Masyarakat) di wilayah Kecamatan Pagu.

Semoga Desa Bendo Kecamatan pagu bisa menjadi yang terbaik dan di masa yang akan datang prestasi ini bisa diikuti oleh desa-desa yang lain. [SGI]




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF