Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

SELAMAT HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) KE-54, 12 NOVEMBER 2018


Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 12 November 2018.

Menilik kembali pada sejarah, bahwasanya pada era 50-an penyakit malaria merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita dan terus menerus menjangkit ke seluruh rakyat Indonesia. Sehingga ratusan hingga ribuan jiwa menjadi korban penyakit malaria, oleh karena itu Pemerintah Indonesia bersama WHO (World Health Organization/ Organisasi Kesehatan Dunia adalah salah satu badan PBB yang bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional dan bermarkas di Jenewa, Swiss. WHO didirikan oleh PBB pada 7 April 1948) dan USAID (United States Agency for International Development disingkat USAID atau dalam bahasa Indonesia Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika adalah badan independen dari pemerintahan Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas bantuan untuk bidang ekonomi, pembangunan, dan kemanusiaan untuk negara-negara lain di dunia dalam mendukung tujuan-tujuan kebijakan luar negeri Amerika Serikat) melakukan penyemprotan massal dan pembasmian memakai racun Dichloro Diphenyl Trichloroethane (DTT) mulai dari pulau Jawa, Bali dan kota lainnya.

Asal mula pencanangan tanggal 12 November sebagai Hari Kesehatan Nasional adalah sebagai peringatan 5 tahun telah diselenggarakannya program pemberantasan malaria. Dinas Pembasmian Malaria (DPM), yang kemudian diubah menjadi Komando Operasi Pembasmian Malaria (KOPEM) pada Januari 1963, melakukan pembasmian malaria secara masal.

Dalam kurun waktu 5 tahun, KOPEM merencanakan serangkaian upaya untuk membasmi malaria dari bumi Indonesia. Penyemprotan secara simbolis dilakukan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 12 November 1959 di Desa Kalasan, Yogyakarta, yang dibarengi dengan kegiatan pendidikan kesehatan kepada masyarakat, akhirnya membuahkan keberhasilan yang signifikan. Berawal dari sini maka lahirlah Hari Kesehatan Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November setiap tahunnya.

Hari Kesehatan Nasional bisa menjadi momentum untuk menyuarakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bagi semua elemen bangsa di seluruh Indonesia. ini juga menjadi momen meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga kesehatan dan melakukan pola hidup sehat. (diikutip dari berbagai sumber)

Segenap Karyawan & Karyawati Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dengan ini mengucapkan :

SELAMAT HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) KE-54. AKU CINTA SEHAT. AYO HIDUP SEHAT, MULAI DARI KITA

Ayo terus dukung GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) agar tercapai Indonesia Sehat. Masyarakat Sehat, Kabupaten Kediri Kuat. © SGI-2018




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF