Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

AKU CINTA SEHAT. AYO HIDUP SEHAT, MULAI DARI KITA


Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 05 November 2018.

Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang akan diperingati 12 November mendatang merupakan momentum yang tepat untuk menggerakan masyarakat dalam mencapai Indonesia Sehat. “Menggalakkan dan melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan upaya kuratif rehabilitatif.”, ujar Siswanto, Kepala Balitbangkes dalam siaran langsung di Metro TV, (27/09).

Lebih lanjut Siswanto selaku Ketua Penyelenggara Peringatan HKN 2018 menjelaskan tema HKN tahun ini adalah Aku Cinta Sehat. Sedangkan sub tema yang diusung adalah Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita. Berbagai kegiatan diselenggarakan untuk memperingati HKN ke 54, antara lain perlombaan, seminar, upacara, pameran, dan family gathering.

Puncak peringatan HKN diselenggarakan dengan menyosialisasikan makan sehat dengan konsep isi piringku, disertai festival kuliner. Rangkaian kegiatan melibatkan profesional, mitra, dunia usaha, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum baik di pusat maupun daerah.

Setiap daerah mempunyai permasalahan yang berbeda-beda, sehingga dalam menerjemahkan tema dan sub tema lebih implementatif. Pesan dan kegiatan yang dilaksanakan lebih membumi dan tepat sasaran. Untuk itu, dihimbau kepada semua pihak untuk berpartisipasi dan berkontribusi secara aktif untuk kemandirian bangsa dan negara, demi mencapai Indonesia Sehat.

Sejarah HKN bermula pada wabah malaria yang mewabah di Indonesia pada tahun 1950-an yang mengakibatkan meninggalnya ratusan ribu jiwa. Upaya pemberantasan penyakit malaria dilakukan secara massal. Penyemprotan pertama dilakukan secara simbolis oleh Presiden Soekarno pada tanggal 12 November 1959 di Desa Kalasan, Yogyakarta. Sejak itu tanggal 12 November ditetapkan sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN).

Sumber: www.litbang.kemkes.go.id (Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia)

Buku Panduan Pelaksanaan Hari Kesehatan Nasional ke 54 Tahun 2018 Silahkan Unduh Disini

Tema HKN ke-54 Tahun 2018
AKU CINTA SEHAT
 
Sub Tema 
AYO HIDUP SEHAT, MULAI DARI KITA
 
Logo HKN ke-54 Tahun 2018
Panduan warna logo
Cyan: 3,  Magenta: 92,  Yellow: 87,  Key (Black): 0
 
Makna Logo
Simbol orang mempunyai arti positif, seperti ekpresi orang senang/gembira dan energik.Warna merah mempunyai arti semangat yang tinggi, berani dan bertanggung jawab. 
Diharapkan melalui momentum HKN ke-54, masyarakat lebih bersemangat untuk melakukan gerakan masyarakat hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya mewujudkan Indonesia Sehat
 
Pesan Pendukung
•  SALAM SEHAT, SEHAT INDONESIA
•  Keluarga Sehat, Indonesia Kuat
•  Wujudkan Indonesia Sehat dengan promotif dan preventif
•  Sehatkan diri dan sekitar, mulai dari kita
•  INTEGRITAS: “Sehat Tanpa Korupsi”. Jaga Diri, Jaga Teman, Jaga Kementerian Kesehatan
•  Etos Kerja : “Sehat Melayani.” Cepat (No Delay), Tepat (No Error), Bersahabat (No Complaint)
•  Gotong royong:“Indonesia Sehat”. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat
•  Budaya Kerja Harian: 1T  : Minimal 1 pekerjaan tuntas setiap hari 2K  : Minimal 2 kebaikan setiap hari3S  : Senyum, Sapa, Salam4M : Hadir 4 menit sebelum kegiatan dimulai 5R  : Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin

 

© SGI-2018




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF