Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

KABUPATEN KEDIRI BERUPAYA TINGKATKAN CAPAIAN ASI EKSKLUSIF MELALUI PENINGKATAN PERAN KP ASI


Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 29 Agustus 2018.

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) adalah pemenuhan hak bagi ibu dan anak. ASI sebagai makanan bayi terbaik ciptaan Tuhan tidak dapat tergantikan dengan makanan dan minuman yang lain. Pemberian ASI Eksklusif memberikan keuntungan baik bagi bayi, ibu maupun keluarganya. Dengan ASI Ekslusif, bayi memperoleh kekebalan alami dari kolostrum, dapat meningkatkan berat badan bayi yang lahir rendah, meningkatkan jalinan kasih sayang antara ibu dan anak, praktis, serta sangat ekonomis bagi keluarga tanpa harus membeli susu formula.

Namun sekarang ini pemberian ASI Eksklusif belum maksimal dikarenakan banyak faktor, diantaranya kurangnya pengetahuan ibu tentang ASI, ibu bekerja, kurangnya dukungan dari keluarga dan lingkungan yang menyebabkan pencapaian pemberian ASI Eksklusif cenderung mengalami penurunan dari 64,5% pada tahun 2016 menjadi 62,4% pada tahun 2017. Penyebab lainnya adalah peran tenaga kesehatan yang berkaitan langsung dengan persalinan belum sepenuhnya membantu pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan pemberian ASI Eksklusif. Disisi lain kegiatan masyarakat dalam memberikan dukungan kepada ibu menyusui belum optimal.

Pemberian ASI Eksklusif telah menjadi perhatian penting dunia yang dituangkan dalam kegiatan rutin tahunan berupa Pekan ASI Sedunia setiap tanggal 1 sampai dengan 7 Agustus setiap tahunnya. Pada tahun 2018 ini tema global yang diusung adalah “Breastfeeding : Foundation for Life” atau “Menyusui sebagai dasar kehidupan” dengan slogan “Dukung Ibu Menyusui Untuk Cegah Stunting” dan “Ibu Menyusui, Anak Hebat Bangsa Kuat”.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2012 tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif mengamanatkan perlunya ketersediaan akses terhadap informasi dan edukasi tentang ASI Eksklusif yang dapat dijangkau oleh masyarakat khususnya ibu menyusui dengan mudah yang pada akhirnya dapat meningkatkan pencapaian ASI Eksklusif.

Pemerintah Kabupaten Kediri berkomitmen kuat terhadap pemberian ASI Eksklusif dengan di terbitkannyan Surat Edaran Bupati nomor  444 /977 /418.48 /2012 dengan poin semua pihak mendukung program ASI eksklusif dan IMD serta tempat pelayanan kesehatan pemerintah dan swasta melakukan upaya perlindungan, promosi dan dukungan terhadap program ASI Eksklusif yang salah satu wujud nyatanya adalah dengan dilakukannya Pengukuhan Kelompok Pendukung ASI (KP ASI) tingkat Kabupaten pada bulan Agustus 2016.

Sementara itu sampai dengan tahun 2017 di Kabupaten Kediri telah terbentuk KP ASI tingkat desa sebanyak 219 kelompok  yang masih terus bertambah pembentukannya pada tahun 2018. Upaya-upaya penggiatan kembali kegiatan KP ASI harus senantiasa ditingkatkan dengan inovasi-inovasi dan kegiatan yang disesuaikan dengan situasi, kondisi dan potensi masing-masing desa. Dalam hal ini peran desa sangatlah penting karena KP ASI sebenarnya adalah milik desa yang harus dijaga kelestarian kegiatannya.

Pada tanggal 16 Agustus 2018 telah dilaksanakan Presentasi Desa KP ASI terbaik dengan nominator KP ASI Kelurahan Pare Kecamatan Pare, KP ASI Desa Dungus Kecamatan Kunjang, KPASI Desa Mukuh Kecamatan Kayen Kidul, KP ASI Desa Segaran, KP ASI Ar Rahmah Desa Semen Kecamatan Pagu, KP ASI Ibu Ceri Asik Desa Ngasem Kecamatan Ngasem, KP ASI Gerbang Mas Desa Branggahan Kecamatan Ngadiluwih, KP ASI Sambal Terasi Desa Babadan Kecamatan Ngancar. Kegiatan ini dilaksanakan selain untuk memberikan evaluasi dan motivasi kepada KP ASI untuk melestarikan kegiatan KP ASI sekaligus memeriahkan Pekan ASI Sedunia tahun 2018.

Presentasi KP ASI terbaik ini merupakan bagian dari Lomba Desa KP ASI terbaik dengan Dewan Juri berasal dari TP PKK Kabupaten Kediri, DPMPD, pengelola program kesehatan reproduksi dan pengelola program gizi pada Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dengan memenangkan Juara I,II, III dan Harapan I.

Rangkaian kegiatan dalam Pekan ASI Sedunia selanjutnya adalah Evaluasi KP ASI yang dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2018. Tujuan diadakannya Evaluasi KP ASI ini adalah merefreshing kembali pentingnya pemberian ASI Eksklusif dan sharing kegiatan yang telah di lakukan oleh KP ASI sehingga dapat meningkatkan kegiatan oleh KP ASI desa lain yang pada akhirnya pencapaian cakupan ASI Eksklusif semakin meningkat sehingga muncul generasi yang kuat dan cerdas di masa depan. Refreshing materi pemberian ASI Eksklusif disampaikan oleh Ketua Komunitas Peduli ASI Kediri (KomPAK) Ibu Rahma Diani, ST yang sekaligus sebagai Konselor Laktasi dan Bunda ASI Kabupaten Kediri. Adapun sharing dan diskusi kegiatan KP ASI di awali dengan presentasi KP ASI Gerbang Mas dan KP ASI Ar Rahmah sebagai Juara I dan II Lomba KP ASI tingkat Kabupaten Kediri tahun 2018.

Acara Evaluasi KP ASI ditutup dengan penyerahan Trophy Kejuaraan dan Piagam Penghargaan kepada Juara I, II, III dan Harapan I masing-masing KPASI Gerbang Mas, KP ASI Ar Rahmah, KP ASI Sambal Terasi dan KP ASI Ibu Ceri Asik oleh Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kesehatan Kabupaten Kediri, dr. Adi Laksono, MMRS dan Bunda ASI Kabupaten Kediri, Ibu Rahma Diani, ST. Semangat untuk melestarikan kegiatan KPASI dan pemberian ASI Eksklusif harus terus dikobarkan agar terlahir anak-anak yang cerdas sehingga bangsa menjadi kuat. ASI YESS !!! (KESGA & GIZI).

Masyarakat Sehat, Kabupaten Kediri Kuat. © SGI-2018




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF