Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

SENAM BERSAMA LANSIA DALAM MEMPERINGATI HLUN KE 22 DI KABUPATEN KEDIRI


Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 16 Agustus 2018.

Berdasarkan hasil Susenas tahun 2016, jumlah Lansia di Indonesia mencapai 22,4 juta jiwa atau 8,69% dari jumlah penduduk. Sementara menurut proyeksi BPS tahun 2015, pada tahun 2018 jumlah Lansia diperkirakan mencapai 9,3% atau 24,7 juta jiwa. Dengan jumlah Lansia yang semakin besar, menjadi tantangan bagi kita semua agar dapat mempersiapkan Lansia yang sehat dan mandiri sehingga nantinya tidak menjadi beban bagi masyarakat maupun negara, dan justru menjadi asset sumber daya manusia yang potensial.

Senam Bersama Lansia sebagai puncak acara dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 22 di Kabupaten Kediri, Minggu 12 Agustus 2018 bertempat di lapangan Tamtama belakang Balai Desa Purwokerto Ngadiluwih. Tema acara ini sesuai dengan tema nasional yaitu "Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia"; dengan Sub Tema Bidang Kesehatan: Lansia Sehat Mandiri diwujudkan dari Keluarga Sehat. Melalui tema ini diharapkan bangkit kembali pesan-pesan kesehatan bahwa sehat itu dimulai dari keluarga; sehat harus dijaga dengan menerapkan perilaku hidup sehat; dan berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional. Sehingga nantinya, akan terbangun keluarga yang sadar akan kesehatan dan terwujud Lansia yang sehat, mandiri dan produktif. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten II Bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Ir. Widodo Imam Santoso, M.AB beserta para pejabat serta 1.300 lansia dari wilayah Kabupaten Kediri dan Lansia yang tergabung dalam Barada II Jawa Timur.  Rangkaian acara diawali dengan Upacara yang dipimpin oleh Asisten II. Dalam sambutan Bupati Kediri yang dibacakan oleh Asisten II menyatakan rasa hormat kepada lansia dikarenakan Lansia bukan saja sebagai bagian dari budaya bangsa. Namun Lebih dari itu juga sebagai penghargaan atas pengabdian dan kearifan yang telah mereka berikan kepada keluarga, masyarakat dan bangsa Indonesia.

Dilanjutkan dengan pemberian tali asih untuk 13 Usila yang telah berumur lebih dari 93 tahun. Diiringi lagu Selamat Ulang Tahun dan pelepasan balon menandai puncak peringatan Hari Usia Lanjut Nasional di tahun ini. Puncak Acara dilaksanakan Senam Sehat Indonesia selama 60 menit.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dari Pemerintah Daerah, Barada II SSI dan Gerontologi Kabupaten Kediri. (KESGAGIZI)

Lansia Sehat, Masyarakat Sehat, Kabupaten Kediri Kuat. © SGI-2018




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF