Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

PARTISIPASI DINAS KESEHATAN KABUPATEN KEDIRI DALAM PEKAN BUDAYA DAN PARIWISATA KABUPATEN KEDIRI 2018


Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 11 Juli 2018.

Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri Tahun 2018 yang rutin dilaksanakan setiap tahun telah resmi dibuka. Rangkaian kegiatan yang dihelat diawali sejak Rabu, 4 Juli 2018 yakni Ruwatan Panji yang diadakan di Candi Tegowangi yang terletak di Dusun Candirejo, Desa Tegowangi, Plemahan, Kab. Kediri. Dilanjutkan pada Minggu, 8 Juli 2018 diadakan Parade Budaya dan Pawai Mobil Hias.

Parade Budaya dan Pawai Mobil Hias tahun ini mengambil start di depan Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri dan finish di Area Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri. Peserta parade tahun ini, tercatat berasal dari Kabupaten Kediri hingga perwakilan Kota / Kabupaten Se-Provinsi Jawa Timur. Bahkan, hingga Provinsi Bali ikut berpartisipasi menyemarakan gelaran acara ini. Tidak mau ketinggalan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri juga berperan serta pada gelaran Parade Budaya dan Pawai Mobil Hias kali ini. Dikemas dalam tampilan sederhana mobil hias berjalan beriringan dengan peserta lain, dengan mengambil tema "Panji Karonsih" yang mempunyai makna kecintaan dan kerinduan Dewi Sekartaji yang ditinggal oleh Panji Asmara Bangun, suaminya. Kata Karonsih sendiri berasal dari kata Bahasa Jawa "kekaron atau sakloron tansah asih" yang artinya keduanya saling mencintai. Dikisahkan Panji Asmara Bangun harus meninggalkan kraton dengan menyamar sebagai orang biasa untuk mengetahui keadaan seluruh masyarakat Kerajaan Kediri serta ketulusan cinta Dewi Sekartaji. Kepergian tanpa pamit ini membuat Dewi Sekartaji menjadi kelimpungan. Sebagai seorang istri, ia merasa kehilangan akan belahan jiwanya. Bersama inangnya, Dewi Sekartaji bersama inangnya berusaha mencari keberadaan Panji Asmara Bangun. Mengetahui bahwa Dewi Sekartaji demikian mencintainya, Panji Asmara Bangun akhirnya kembali ke kraton. Dewi Sekartaji yang merasa kesal karena diragukan cintanya, ia pun ngambek ketika Panji Asmara Bangun tiba. Panji Asmara Bangun yang dilanda rindu mendalam terus merayu Dewi Sekartaji dengan terus menari dan memberi setangkai bunga. Dewi Sekartaji luluh hatinya dan memeluk Panji Asmara Bangun. 

Selain keikutsertaannya dalam Parade Budaya dan Pawai Mobil Hias, Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri juga ikut berpartisipasi dalam Stand Pameran Desa Wisata, Kampung Panji, UMKM dan SKPD. Stand yang terkesan minimalis diatur sedemikian rupa agar masyarakat bisa merasakan pelayanan yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri. Selama sepekan setiap harinya Stand Dinas Kesehatan memberikan berbagai pelayanan kepada pengunjung, mulai dari layanan konsultasi bagi pengunjung sesuai dengan tema yang akan disajikan yaitu "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan prioritas kegiatan Eliminasi TBC, Penurunan Stunting, Peningkatan Cakupan dan Mutu Imunisasi" layanan Konsultasi diberikan oleh staf Dinas Kesehatan serta para petugas dari UPTD Puskesmas. Stand Dinas Kesehatan juga menyediakan Layanan Pemeriksaan Cek Darah lengkap yakni Pemeriksaan Gula Darah, Asam Urat dan Kolesterol. Cukup dengan Rp. 25.000,- (dua puluh lima ribu rupiah) pengunjung sudah mendapatkan hasil pemeriksaan darah lengkap. Namun jika hanya ingin melakukan satu pemeriksaan untuk Gula Darah pengunjung bisa membayar sebesar Rp. 5.000,-, biaya pemeriksaan Asam Urat sebesar Rp. 5.000,- dan biaya pemeriksaan Kolesterol sebesar Rp.20.000,-. Selain berbagai layanan tersebut ada souvenir serta doorprize yang kami bagikan setiap harinya kepada pengunjung yang mampir ke stand Dinas Kesehatan.

Bagi masyarakat yang mempunyai industri rumah tangga dan belum mempunyai Ijin Edar P-IRT bisa langsung datang ke stand kami karena pada hari kedua dan seterusnya selama pameran Dinas Kesehatan juga memberikan pelayanan terkait Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPPIRT), di stand juga telah disediakan Blangko Pengurusan P-IRT.

Keikutsertaan Dinas Kesehatan dalam acara Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2018 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat dalam upaya di bawah payung aksi promotif dan preventif serta mendukung Kegiatan Pembangunan di Kabupaten Kediri Khususnya dalam bidang Pariwisata serta di bidang Ekonomi masyarakat. Sesuai dengan Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan menyebutkan bahwa masyarakat berkewajiban menjaga kesehatan. Sedangkan, pemerintah bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat. Mari kita bersama-sama mendukung dan melaksanakan program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit TBC, adanya penurunan Stunting, meningkatnya Cakupan dan Mutu Imunisasi khususnya di Kabupaten Kediri, dan semoga seluruh masyarakat Kediri senantiasa sehat.

© SGI-2018




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF