Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

PEMBINAAN ASUHAN MANDIRI/ASMAN MELALUI PEMANFAATAN TOGA DAN KETRAMPILAN (AKUPRESUR) TAHUN 2018


Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 25 April 2018.

Berdasarkan Rencana Strategis Kementerian Kesehatan 2015-2019, pembangunan kesehatan merujuk kepada Program Indonesia Sehat dengan meletakkan 3 (tiga) pilar kegiatan utama, yang salah satu diantaranya adalah paradigma sehat. Pilar paradigma sehat dilakukan dengan strategi pengutamaan kesehatan dalam pembangunan, penguatan peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit serta pemberdayaan masyarakat.

Arah kebijakan kesehatan yang memperkuat upaya peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit serta pemberdayaan masyarakat dapat dipenuhi salah satunya oleh pelayanan kesehatan tradisional yang berorientasi pada upaya menyehatkan yang sakit dan mempertahankan yang sehat sekaligus meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional pada pasal 70 tentang pembendayaan masyarakat, pada ayat (2) menyatakan bahwa masyarakat dapat melakukan perawatan kesehatan secara mandiri dengan memanfaatkan Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Keterampilan secara benar.

Melakukan asuhan mandiri merupakan upaya mengubah paradigma pengobatan kuratif menjadi promotif dan preventif, yang bermanfaat untuk efisiensi dan efektivitas bagi keluarga dalam menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarganya dengan memanfaatkan TOGA dan ketrampilan, sehingga diperoleh keluarga sehat secara mandiri.

Dalam Permenkes Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pengembangan Kesehatan Tradisional Melalui Asuhan Mandiri Pemanfaatan TOGA dan Keterampilan menyatakan bahwa pelaksanaan asuhan mandiri di masyarakat perlu dilakukan pembinaan secara berjenjang dan berkesinambungan. Pembinaan asuhan mandiri kesehatan tradisional melalui pemanfaatan taman obat keluarga dan keterampilan dilakukan bersama antar lintas program kementerian dan lintas sektor kementerian terkait sesuai peran, tugas dan fungsi masing- masing melalui penilaian kelompok asuhan mandiri kesehatan tradisional.

Untuk mendorong, menggerakkan, mengedukasi dan memotivasi masyarakat dalam memiliki serta memanfaatkan TOGA dan Ketrampilan (akupresur) untuk asuhan mandiri secara benar, maka perlu dilakukan pembinaan  asuhan mandiri kesehatan tradisional melalui pemanfaatan TOGA dan ketrampilan (akupresur) agar masyarakat dapat termotivasi, teredukasi untuk memiliki dan memanfaatkan TOGA dan akupresur untuk mengatasi gangguan kesehatan ringan bagi diri sendiri maupun keluarganya sehingga diperoleh keluarga sehat secara mandiri.

Sasaran pembinaan asuhan mandiri kesehatan tradisional melalui pemanfaatan TOGA dan keterampilan (akupresur) tahun 2018 adalah satu kelompok di empat(4) Koordinator Kecamatan. Korcam Ngadiluwih pembinaan dilakukan pada tanggal 9 April 2019, kelompok Asman yang terpilih adalah Desa Ringinsari Kecamatan Kandat. Tim Pembina lintas program dan lintas sektor terdiri dari Seksi Pelayanan Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Kediri, Tim Penggerak PKK Pokja 4 Kecamatan dan UPTD Puskesmas Puhjarak. 

Korcam Papar pembinaan dilakukan pada tanggal 12 April 2019, kelompok Asman yang terpilih adalah Desa Puhjarak Kecamatan Plemahan. Tim Pembina lintas program dan lintas sektor terdiri dari Seksi Pelayanan Kesehatan Tradisional, Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan (Dipertabun) Kabupaten Kediri, Tim Penggerak PKK Pokja 4 Kecamatan dan UPTD Puskesmas Tiron yang sudah dilatih.

Korcam Kediri pembinaan dilakukan pada tanggal 17 April 2019, kelompok Asman yang terpilih adalah Desa Kraton Kecamatan Mojo. Tim Pembina lintas program dan lintas sektor terdiri dari Seksi Pelayanan Kesehatan Tradisional, Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, Tim Penggerak PKK Pokja 3 Kecamatan dan UPTD Puskesmas Pagu yang sudah dilatih.

Korcam Pare pembinaan dilakukan pada tanggal 18 April 2019, kelompok Asman yang terpilih adalah Desa Bogem Kecamatan Gurah. Tim Pembina lintas program dan lintas sektor terdiri dari Seksi Pelayanan Kesehatan Tradisional, UPTD PPSDMK Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, Tim Penggerak PKK Pokja 3 Kecamatan dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri.

Proses pelaksanaan pembinaan kelompok asuhan mandiri melalui pemanfaatan TOGA dan ketrampilan (akupresur) dilaksanakan oleh Tim Pembina yang terdiri dari Lintas Program dan Lintas sektor terkait dengan menggunakan form kuesioner dan instrument dari Kementerian Kesehatan. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mendorong, menggerakkan, mengedukasi dan memotivasi masyarakat untuk memiliki serta memanfaatkan TOGA dan akupresur untuk asuhan mandiri secara benar. (Seksi Pelayanan Kesehatan Tradisional)

© SGI-2018




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF