Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

KAJI BANDING KABUPATEN BLORA TERHADAP KEBIJAKAN PROGRAM KESEHATAN KELUARGA DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN KEDIRI




Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 22 Desember 2017.

Keberhasilan dari Inovasi Program KESGA (Kesehatan Keluarga) dan Gizi dalam penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) membuat pemerintah Kabupaten Blora tertarik untuk mengikuti langkah Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri guna menurunkan angka AKI dan AKB di Kabupaten Blora yang masih cukup tinggi.  Dalam waktu 2 (Dua) hari yaitu pada tanggal 6 sampai 7 Desember 2017 Pemerintah Kabupaten Blora melalui perwakilan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Blora menyatakan tujuan kaji banding tersebut adalah ngangsu kaweruh upaya penurunan AKI dan AKB serta keterlibatan lintas sektor. Turut dibawa serta tim adalah Ketua TPPKK Kabupaten beserta TP-PKK Kecamatan, beserta beberapa Satuan Kerja yang terlibat seperti Kesra, Dinas Sosial, Tim Dinas Kesehatan beserta Kepala UPTD Puskesmas dan Bidan Koordinator sehingga total jumlahnya 75 orang. 

Hari Pertama tanggal 6 Desember 2017

Diterima oleh Asisten III bidang Administrasi Umum Mamiek Amiyati, SH, MH mewakili Ibu Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr.Adi Laksono, MMRS juga dr. Nurwulan Andadari (Kabid Pelayanan & Pembinaan KB dari DP2KBP3A) mewakili Ketua TP-PKK Kabupaten Kediri Hj. Rosyidah Masykuri di Pendopo Kab Kediri. Ibu Mamiek Amiyati, SH, MH dalam sambutannya menyatakan bahwa dibutuhkan kerjasama dan komitmen yang kuat dari berbagai lintas sektor dalam mengatasi masalah kesehatan bukan milik orang kesehatan saja namun milik kita semua utamanya penurunan AKI dan AKB. dengan konsep menangani semua masalah dari hulu sampai hilir melalui kegiatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif secara terpadu, menyeluruh, dan berkesinambungan melalui Gerakan Peduli Keluarga (GARPU) Kabupaten Kediri mewadahi semua Inovasi. Melalui pendekatan keluarga diharapkan kepedulian terhadap kesehatan ibu dan Anak bisa lebih diperhatikan. Selanjutnya beliau juga mempersilahkan untuk menikmati wisata Gunung Kelud dan Monumen Simpang Lima Gumul.

Acara dilanjutkan oleh paparan Inovasi dalam Upaya Penurunan AKI dan AKB oleh  Kadinkes dr. Adi Laksono, MMRS., serta paparan Peran Serta Lintas Sektor yang disampaikan oleh dr. Nurwulan Andadari, MMRS mewakili Tim Penggerak PKK.

Acara hari pertama ditutup dengan kegiatan Dril Emergensi dan paparan Peran UPTD Puskesmas juga Lintas Sektor Kecamatan dikuti dengan penuh antusias di wilayah Puskemas Wates. 

Hari kedua tanggal 7 Desember 2017

Kegiatan hari kedua kaji banding dimulai pukul 08.00 WIB dengan rekapitulasi hari pertama dengan agenda sharing dan tanya jawab. Kegiatan di hari kedua fokus berada di UPTD Puskesmas Kandangan. (oleh Seksi Kesga dan Gizi)

Masyarakat Sehat Kabupaten Kediri Kuat. © SGI-2017




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF