Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

PERINGATAN HKN KE 53 DINAS KESEHATAN KABUPATEN KEDIRI ADAKAN JALAN SANTAI




Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 13 November 2017.

Peringatan HKN ke-53 ini menjadi momentum untuk seluruh insan kesehatan merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia. Sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan Pembangunan Kesehatan.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 tahun 2017 di Kabupaten Kediri berlangsung meriah dengan menggelar berbagai kegiatan di Lapangan Belakang Gedung Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri, Minggu (12/11) pagi.

Acara diawali dengan penyerahan penghargaan yang diberikan langsung oleh Ibu Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno beserta Kepala Dinas Kesehatan, dr. Adi Laksnono, MMRS. Di Depan Gedung Pemerintah Kabupaten Kediri. Penghargaan yang diberikan yaitu Dokter Teladan diberikan kepada dr. Rindang Farihah Idana dari UPTD Puskesmas Mojo, Perawat Teladan diberikan kepada Cristina Sri Purwati dari UPTD Puskesmas Sambi, Bidan Teladan diberikan kepada Aminarti dari UPTD Puskesmas Plosoklaten, Tenaga Gizi teladan diberikan kepada Besfi Asmala dari Puskesmas Puhjarak, dua Puskesmas terakreditasi Paripurna diberikan kepada UPTD Puskesmas Ngasem dan UPTD Puskesmas Ngadi yang juga sebagai juara Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien Terbaik tingkat Nasional, Desa Peduli Keluarga diberikan kepada Desa Branggahan Kecamatan Ngadiluwih, Juara 1 Putra Duta Kesehatan Remaja Kabupaten Kediri  diberikan kepada Faqih Abdussyukur dari SMA Negeri 1 Grogol, Juara 1 Putri Duta Kesehatan Remaja Kabupaten Kediri diberikan kepada Mezalina Wahyuning Aji dari SMA Negeri 1 Kandangan, Desa Open Defecation Free (ODF) diberikan kepada 3 (tiga) Desa di Kecamatan Pagu (Desa Sitimerto, Desa Kambingan, Desa Menang); 3 (tiga) Desa di Kecamatan Gurah (Desa Kranggan, Desa Krekep, Desa Gempolan); 2 (dua) Desa di Kecamatan Ngasem (Desa Doko, Desa Sukorejo), dan Juara Harapan 1 Desa Siaga Aktif tingkat Propinsi Jawa Timur diberikan kepada Desa Kraton Kecamatan Mojo. 

Dalam kesempatan tersebut Ibu Bupati juga menyerahkan cindera mata diberikan kepada cleaning services UPTD Puskesmas, karena berkat mereka kebersihan lingkungan di UPTD Puskesmas bisa terjaga. Acara dilanjut dengan jalan santai yang dilepas langsung oleh Ibu Bupati Kediri yang diikuti ratusan peserta dari seluruh UPTD Puskesmas se-Kabupaten Kediri dan Dinas Kesehatan. Selepas jalan santai, para peserta kembali berkumpul di Lapangan untuk acara hiburan, permainan dan lomba senam. Acara hiburan dan permainan diisi dengan lomba senam, lomba rangking satu, dan pembagian doorprize.

Sesuai dengan Panduan HKN ke 53 tahun 2017 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, peringatan HKN kali ini mengangkat tema “Sehat keluargaku sehat Indonesiaku”. Tema tersebut sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat. Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan sesuai Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Selain penyelenggaraan program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Hal tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait. Kementerian Kesehatan mendorong terlaksananya gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dengan mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berprilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.

Tujuh langkah GERMAS adalah Melakukan Aktivitas Fisik, Mengonsumsi Sayur dan Buah, Tidak Merokok, Tidak Mengonsumsi Alkohol, Membersihkan Lingkungan dan Menggunakan Jamban. Jalan santai dan senam merupakan wujud dari aktifitas fisik yang bisa kita lakukan secara rutin baik sendiri maupun bersama keluarga.

Ayo Sukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Masyarakat Sehat Kabupaten Kediri Kuat. © SGI-2017




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF