« Selamat Datang di Situs Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

 

KERJASAMA CIVITAS AKADEMIKA DALAM PENDEKATAN KELUARGA SEHAT




Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri (Dinkes Kab. Kediri), 03 Agustus 2017.

Komitmen bersama dalam meningkatkan derajat masyarakat dan segera mewujudkan Indonesia Sehat terus digaungkan bersama segenap civitas di Kabupaten/Kota Kediri. Kali ini Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri menggandeng Institusi Pendidikan Kesehatan untuk bekerjasama melaksanakaan Survey Keluarga Sehat. Dimulai dengan melakukan penandatanganan MOU komitmen untuk memenuhi Kebutuhan setiap warga negara agar memperolah pelayanan kesehatan dan mendapatkan informasi serta edukasi kesehatan yang merupakan hak warga Negara dan sudah diatur dalam undang - undang. Selain hak, masyarakat juga punya kewajiban menghormati hak orang lain dalam upaya memperoleh lingkungan yang sehat baik fisik, biologi maupun sosial, berperilaku hidup sehat untuk mewujudkan, mempertahankan, dan memajukan kesehatan yang setinggi-tingginya serta ikut serta dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Untuk memenuhi hak masyarakat tersebut, Pemerintah bertanggungjawab dalam memberikan akses terhadap informasi, edukasi, dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Serta memberdayakan dan mendorong peran aktif masyarakat dalam segala bentuk upaya kesehatan.

Pelaksanaan Survey Keluarga Sehat dimulai pada tahun 2016 dan harus tercapai total coverage pada tahun 2019. Kerjasama ini diharapkan kedua belah pihak mendapatkan manfaat-manfaat yang positif sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya pengabdian masyarakat. Mahasiswa juga mendapat manfaat antara lain :

  1. Mendapat pengalaman melakukan survey dan entry data Keluarga Sehat
  2. Dapat mempraktekkan teori komunikasi yang telah diajarkan saat pendidikan
  3. Mendapat pengalaman ber – interaksi dengan individu, keluarga dan masyarakat sasaran survey
  4. Mendapat honor survey dan entry data Keluarga Sehat sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Keberhasilan pelaksanaan pendekatan keluarga oleh Puskesmas dalam program Indonesia Sehat memerlukan pemahaman dan komitmen yang kuat dari lintas Program maupun lintas sektor.

Selanjutnya kegiatan dilaksanakan di tiap UPTD Puskesmas dengan pembekalan Survey Kesehatan Sehat kepada mahasiswa. (RNA) Seksi Kesga dan Gizi

Masyarakat Sehat, Kabupaten Kediri Kuat © SGI-2017




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF