« Selamat Datang di Situs Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

 

PENERIMAAN PENGHARGAAN JUARA TERBAIK KETIGA DALAM INDOHCF AWARDS TINGKAT NASIONAL




Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri (Dinkes Kab. Kediri), 31 Mei 2017.

Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) merupakan bentuk CSR dari IDS Medical Systems Indonesia yang bertujuan memfasilitasi pendidikan dan kolaborasi dari berbagai kalangan bidang kesehatan seperti pemangku kebijakan, praktisi, dokter, akademisi, dan pihak manajemen utama rumah sakit dalam membahas isu-isu yang berdampak pada dunia kesehatan di Indonesia.

Salah satu rangkaian kegiatan TINGKAT NASIONAL IndoHCF adalah pemberian penghargaan bagi para innovator bidang kesehatan di Indonesia dengan tajuk IndoHCF Innovation Award. Penghargaan ini merupakan program penghargaan kepada instansi dan individu/kelompok perorangan yang telah berhasil menjalankan program-program peningkatan pelayanan kesehatan khususnya bidang kegawatdaruratan, inovasi program kesehatan ibu & anak, inovasi di bidang alat kesehatan, teknologi informasi dan robotik kesehatan serta kreasi seni promosi kesehatan. Program penghargaan ini dilaksanakan dengan harapan dapat memacu perkembangan pengembangan positif dalam inovasi dan teknologi di bidang kesehatan yang berkelanjutan guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Ada 5 kategori penghargaan yang diberikan yaitu:

  1. Inovasi SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu) Pra-RS
  2. Inovasi Program KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), Pemberian penghargaan kepada Pemda Kabupaten/Kota yang melakukan inovasi dalam upaya peningkatan kesehatan Ibu dan Anak yang sudah diimplementasikan dan dapat diukur keberhasilannya. Bertujuan untuk percepatan tercapainya peningkatan kesehatan Ibu & Anak khususnya dalam upaya menurunkan angka stunting, morbiditas dan mortalitas (Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi).
  3. Inovasi Alat Kesehatan
  4. Inovasi E-Health
  5. Inovasi Seni Kreasi Promosi Kesehatan.

Kabupaten Kediri melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri berkomitmen yang tinggi dalam penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).  Berbagai kegiatan telah dilaksanakan yang pada akhirnya mengantarkan Kabupaten Kediri meraih berbagai prestasi baik ditingkat propinsi maupun tingkat nasional.

Jumlah kematian ibu di Kabupaten Kediri terus mengalami penurunan secara signifikan yang mana pada tahun 2010 dan 2012 mengalami puncaknya dengan jumlah kematian 36 dan 37 ibu meninggal, kemudian pada tahun berikutnya turun secara bermakna menjadi sejumlah 17 dan 16 kematian ibu.

GARPU (Gerakan Peduli Keluarga) yaitu suatu gerakan yang aktif untuk mensinergikan semua kegiatan yang ada di Kabupaten Kediri baik lintas sektor maupun lintas program untuk mendukung penurunan AKI dan AKB di wilayah Kabupaten Kediri. Adapun kegiatan yang tercakup didalamnya adalah SMS gate way, SMS bunda, MOU Peduli Kediri Raya, penguatan kegiatan GARPU dengan SE Bupati, Pembentukan KPK (Kelompok Penyuluh Kesehatan), Lomba Desa Peduli Keluarga dan Pendampingan Ibu Hamil Risiko Tinggi.

Pada malam Penganugerahan IndoHCF Innovation Awards 2017 yang digelar di Raffles Hotel, Jakarta Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Mendapat Juara Terbaik Ketiga Tingkat Nasional. dr. A Nugroho, PL, M.Kes selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri berterima kasih kepada semua pihak baik lintas program, lintas sektor, institusi pendidikan yang ikut mendukung program GARPU sehingga pada malam ini Kabupaten Kediri berkesempatan menerima penghargaan dalam ajang yang bergengsi tingkat nasional ini.

© SGI-2017 (Sumber : Seksi Kesga dan Gizi)




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF