Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

AYO IBU, INVESTASI CERDAS DENGAN ASI EKSKLUSIF




Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 20 April 2017.

Salah satu investasi jangka panjang untuk mendapatkan sumber daya manusia yang handal adalah memberi informasi yang benar tentang ASI dan manfaatnya agar anak sehat dan cerdas. Pemberian ASI sampai anak berusia 2 (dua) tahun memerlukan dukungan dari pemerintah, swasta/ dunia usaha dan seluruh lapisan masyarakat. Dengan mendukung setiap ibu agar sukses menyusui akan berkontribusi pada peningkatan kualitas sumber daya masyarakat di masa mendatang.

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) adalah pemenuhan hak bagi ibu dan anak. ASI sebagai makanan bayi terbaik ciptaan Tuhan tidak dapat tergantikan dengan makanan dan minuman yang lain. Pemberian ASI Eksklusif memberikan keuntungan baik bagi bayi, ibu maupun keluarganya. Dengan ASI Ekslusif, bayi memperoleh kekebalan alami dari kolostrum, dapat meningkatkan berat badan bayi yang lahir rendah, meningkatkan jalinan kasih sayang antara ibu dan anak, praktis, serta sangat ekonomis bagi keluarga tanpa harus membeli susu formula.

Pemerintah Kabupaten Kediri dan Dinas Kesehatan menyadari begitu pentingnya ASI Eksklusif terutama bagi bayi dan dirasa informasi ini masih kurang tersebar luas di kalangan masyarakat, oleh karena itu perlu diadakan kegiatan komunikasi, informasi dan edukasi tentang ASI Eksklusif. Salah satu bentuk kegiatan yang dilaksanakan dalam mendukung pemberian ASI eksklusif adalah penyelenggaraan Kelas Edukasi ASI Eksklusif bagi Ibu Hamil di 4 (empat) wilayah Koordinator Kecamatan yang merupakan kegiatan rutin 2 kali dalam setahun. Berturut-turut kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17 April 2017 di Puskesmas Kayen Kidul (wilayah Koordinator Kecamatan Papar), 18 April 2017 di Balai Desa Tertek Kecamatan Pare (wilayah Koordinator Kecamatan Pare), 19 April 2017 di Balai Desa Wates (wilayah Koordinator Kecamatan Ngadiluwih) dan 20 April 2017 di Balai Desa Ngadi (wilayah Koordinator Kecamatan Kediri).

Rangkaian Kelas Edukasi Ibu hamil pada hari pertama di hadiri oleh Bapak Kepala Bidang Ksehatan Masyarakat, Ibu Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Bapak Camat Kecamatan Kayen Kidul beserta Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Kayen Kidul, Ibu Kepala Puskesmas Kayen Kidul dengan Narasumber Ibu Rahma Diani, ST seorang Konselor ASI sekaligus Bunda ASI Kabupaten Kediri dan Ketua Komunitas Peduli ASI Kabupaten Kediri (KOMPAK).

Dalam paparannya Ibu Rahma Diani, ST menyebutkan bahwa ASI adalah pilihan cerdas bagi ibu dan bayi karena merupakan makanan sempurna yang tidak tergantikan oleh makanan lain. Selain itu terdapat Standar Emas Nutrisi Bayi yaitu Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan rawat gabung, ASI eksklusif mulai dari lahir sampai dengan 6 bulan, MP-ASI (Makanan Pendamping ASI) rumahan (buatan sendiri) mulai 6 bulan, dan ASI diteruskan sampai usia 2 tahun atau lebih.

Peserta ibu hamil sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan terkait dengan pemberian ASI. Acara ditutup dengan tanya jawab, pembagian door prize dan penggalangan komitmen untuk memberikan ASI Eksklusif kepada bayinya setelah proses persalinan dan dilanjutkan sampai dengan usia 2 tahun.

Semoga para ibu semakin sadar akan pentingnya manfaat ASI Eksklusif bagi bayi dan ibu, serta praktik ASI Eksklusif di Kabupaten Kediri dapat lebih optimal sehingga dapat menciptakan generasi baru yang lebih berkualitas. Masyarakat semakin Sehat, Kabupaten Kediri semakin Kuat.

© SGI-2017 (Sumber : SA, Seksi Kesga dan Gizi)




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF