Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

PENGABDIAN PROFESI TENAGA KESEHATAN DALAM RANGKA HARI JADI KABUPATEN KEDIRI KE 1213 TAHUN 2017




Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 11 April 2017.

Pemerintah Kabupaten Kediri telah berkomitemen untuk mengedepankan pembangunan sumberdaya manusia sebagai modal dasar pembangunan daerah, komponen dasar pembangunan sumberdaya manusia adalah salah satunya bidang kesehatan. Salah satu kebijakan yang tertuang dalam misi ke 5 (lima) kabupaten kediri yaitu mewujudkan masyarakat yang mandiri dan berkeadilan di bidang kesehatan. Oleh sebab itu dalam rangka hari jadi Kabupaten Kediri ke-1213 dilakukan serangkaian acara yang salah satunya adalah dengan melakukan Pengabdian Profesi Tenaga Kesehatan di Desa Kraton Kecamatan Mojo. Berkenan hadir pula ibu Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno yang meninjau langsung kegiatan ini.

Sasaran  kegiatan pengabdian  profesi  tenaga Kesehatan ini  adalah masyarakat di Desa Kraton Kecamatan Mojo dengan  jumlah peserta  yaitu 500 orang dan siswa sekolah di SDN Kraton 1, MI Al Hasan dan MI Maarif dengan jumlah siswa sebanyak 275 siswa. Namun ternyata warga Desa Kraton sangat antusias dengan kegiatan ini, terbukti yang datang bukan hanya yang mendapat kupon saja, terhitung lebih kurang 200 pengunjung hadir tanpa menggunakan kupon. dr. Azis Samsurizal sebagai ketua panitia memberikan instruksi agar mereka yang tidak menggunakan kupon agar tetap dilayani sebagaimana mestinya.

Ruang Lingkup Pelaksanaan kegiatan ini adalah (1) Pelayanan pemeriksaan fisik dan konseling oleh semua profesi, (2) Pelayanan Kesehatan ibu hamil, (3) Pelayanan Pemeriksaan gigi (4) Pelayanan Pemberian obat (5) Pelayanan laboratorium sederhana, serta (6) Pelayanan kesehatan di sekolah. Selain itu juga dilakukan home visit (kunjungan rumah) bagi pasien yang tidak bisa datang ke lokasi kegiatan.

Dalam rangka pelaksanaan pengobatan  gratis ini dibantu oleh tenaga kesehatan yang terdiri dari:  IDI (Ikatan Dokter Indonesia), PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) , IBI (Ikatan Bidan Indonesia), IAI (Ikatan apoteker Indonesia), PAFI (Persatuan Analis Farmnasi Indonesia), HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia), PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia), PPGI (Persatuan Perawat Gigi Indonesia), Persagi (Persatuan Ahli Gizi Indonesia), dan PATELKI (Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia). Kepala Dinas Kesehatan, dr. Adi Laksono, MMRS melalui Ketua Panitia menyampaikan terima kasih atas partisipasi, bantuan serta kerjasama yang diberikan oleh seluruh tenaga kesehatan yang ikut berperan langsung sebagai petugas pelayanan dalam kegiatan ini.

Dalam rangkaian acara ini juga diberikan bantuan kepada masyarakat Desa Surat yang baru saja tertimpa musibah tanah longsor. Ibu Bupati juga menyempatkan berkunjung ke lokasi terjadinya bencana lonsor, para korban longsor sudah diungsikan ke Balai Desa setempat, beliau berpesan kepada masyarakat di sekitar lokasi longsor untuk terus berhati-hati dan berjaga-jaga untuk menghindari adanya korban jika terjadi longsor susulan.

Dengan terpenuhinya pelayanan terhadap kesehatan, melalui pengabdian Profesi tenaga Kesehatan  maka masyarakat mendapat pemberlakuan yang sama dalam hal pelayanan kesehatan, terutama lapisan masyarakat bawah.

Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memeriksa kesehatannya di pelayanan kesehatan, terutama pelayanan kesehatan ibu hamil dan penanganan kelahiran dengan tenaga kesehatan, sehingga terwujud Masyarakat Sehat, Kabupaten Kediri Kuat.

© SGI-2017 (Sumber : Panitia Pengabdian Profesi Tenaga Kesehatan) - [SGI]




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF