Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

MERAIH MIMPI MENGGAPAI ASA




Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 07 Maret 2017.

Mengusung tema “Yang Muda Yang Berkarya” Youth Form Kabupaten Kediri mengawali pertemuan perdana bertempat di Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri. Dengan dilatar belakangi REMAJA sebagai generasi penerus dan calon pemimpin bangsa dimasa depan, memiliki hak untuk mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, terjamin kelangsungan hidupnya, bebas dari tindakan diskriminasi dan perlakukan yang salah, termasuk terlindung dari berbagai masalah kesehatan. Masalah kesehatan pada kelompok ini terutama disebabkan karena perilaku yang berisiko. Data Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012 (SDKI 2012) menggambarkan adanya peningkatan kejadian seks pranikah yang cukup signifikan pada kelompok usia 15-19 tahun dalam kurun waktu 5 tahun terutama pada laki-laki. Selain itu Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukan semakin meningkatnya kasus cedera pada anak usia sekolah dan remaja terutama karena jatuh dari kendaraan dan transportasi motor.

Masalah kesehatan remaja sangatlah berpengaruh terhadap derajat kesehatan masyarakat karena bisa berpengaruh terhadap kehidupan masa depannya. Masalah-masalah tersebut antara lain meningkatnya jumlah remaja dengan HIV AIDS, Infeksi Menular Seksual (IMS), Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD), penyalahgunaan NAPZA. Saat ini remaja sering terjebak dalam kehidupan yang dapat membawa mereka dalam satu keadaan yang berbahaya dalam bidang kesehatan reproduksi. Jumlah remaja yang terlibat dalam aktifitas seksual dari tahun ke tahun semakin meningkat. Selain itu pada masa remaja terjadi perubahan emosi serta remaja mulai tertarik pada lawan jenisnya, terikat pada kelompok dan mencoba menarik perhatian linkungannya. Perilaku remaja banyak yang berubah seiring dengan perkembangan tehnologi. Perubahan tersebut lebih cenderung kearah hal yang negative, seperti yang disampaikan Adit ketika observasi di Simpang Lima Gumul. Kompleksitas permasalahan remaja perlu mendapat perhatian secara terus menerus baik dari pihak pemerintah, LSM, Masyarakat, maupun keluarga, guna menjamin kualitas generasi mendatang.

Agenda utama pertemuan ini adalah terbentuknya kepengurusan baru tahun 2017 dan menyusun rencana kerja tahun 2017 sebagai bagian dari kebangkitan Youth Form dimasa mendatang. Diskusi pertama dipimpin Aryan Yusuf dan Achmat Maskurohman menghasilkan komitmen untuk terus mengawal remaja Kabupaten Kediri sehingga menjadi generasi yang berakhlaqul karimah. Sedangkan rencana jangka pendek mengenalkan Youth Form masyarakat melalui media web, instagram, dan media cetak. Selanjutnya Youth Form akan ikut menyemarakkan hari-hari besar Kesehatan seperti Hari Aids Sedunia, Hari Kesehatan Nasional, dan Pemilihan Duta Remaja dan sederet program kerja dengan tujuan utama menyebarkan informasi tentang kesehatan remaja. Kedepan pertemuan Youth Form akan lebih intensif sehingga bisa segera bersinergi.

WAHAI REMAJA KABUPATEN KEDIRI, JAGALAH DIRIMU, HARGA DIRIMU, KEHORMATANMU DAN SEBAYAMU DARI BAHAYA NAPZA, SEKS BEBAS DAN HIV/AIDS.

 © SGI-2017 (Sumber: Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi)




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF