Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

WASPADAI PENYAKITNYA KENALI GEJALANYA SEJAK DINI - "KITA BISA, AKU BISA" - HARI KANKER SEDUNIA, 4 FEBRUARI 2017


Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 14 Februari 2017.

Jumlah penderita kanker di seluruh dunia mengalami peningkatan setiap tahunnya.  Berdasarkan data dari GLOBOCAN 2012, diperkirakan terdapat 14,1 juta kasus kanker baru yang muncul. Pada tahun yang sama, terdapat 8,2 juta kematian karena kanker. Angka penderita ini diperkirakan akan meningkat setiap tahunnya dan diperkirakan mencapai 23,6 juta kasus baru per tahun pada 2030.

Ditinjau dari sisi ekonomi, data dari Kementerian Kesehatan RI menunjukkan bahwa pengeluaran negara untuk penyakit kanker adalah kedua tertinggi setelah pengeluaran untuk hemodialisa. Pengeluaran negara untuk kanker pada tahun 2015 lebih dari 2 triliun rupiah.

Salah satu masalah terbesar dalam penganggulangan kanker saat ini adalah banyaknya informasi yang kurang dapat dipertanggungjawabkan tersebar di masyarakat. Informasi tersebut kadang justru menyesatkan masyarakat dengan menggiring mereka untuk melakukan terapii alternatif dan baru datang ke pusat pelayanan kesehatan setelah terlambat.

Salah satu upaya yang penting dilakukan untuk mengatasi permasalahan kanker di Indonesia adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Sebanyak 43% dari seluruh kasus kanker dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Sedangkan 30% dari kasus dapat disembuhkan bila ditemukan dan diobati pada keadaan dini. Promotif dan Prevenif adalah lini pertama dalam mewaspadai munculnya gejala sejak dini. Bila Kanker dapat terdeteksi sejak dini , diharapkan dapat meminimalkan risiko keterlambatan mendapatkan penanganan di fasilitas kesehatan.

Di Kabupaten Kediri dengan wilayah kerja sejumlah 37 puskesmas, telah melaksanakan program IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) sebagai deteksi awal mengenali gejala Kanker Cervix ( Kanker mulut rahim) dan edukasi tentang SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) untuk mengenali gejala awal kelainan pada payudara. Pada pasien yang diperiksa dan ditemukan kelainan atau gejala yang mengarah pada Kanker Cervik / Kanker Payudara akan dilakukan konsultasi dan rujukan pada fasilitas kesehatan yang memadai.

Bulan Februari merupakan bulan kepedulian terhadap Kanker, tepatnya disebut sebagai Hari Kanker sedunia yang diperingati pada tangal 4 Februari. Tema Hari Kanker Sedunia tahun 2017 ini, yaitu “Kita Bisa. Aku Bisa” berusaha menjangkau masyarakat secara kolektif maupun individual untuk menjalankan peranannnya masing-masing dalam rangka mengurangi beban akibat kanker. Masing-masing anggota masyarakat memliki kekuatan untuk melakukan tindakan dalam rangka mengurangi dampak kanker kepada individu, keluarga, dan komunitas. Hari Kanker Sedunia merupakan kesempatan untuk merefleksikan apa yang dapat kita semua lakukan untuk membuat perubahan dalam perjuangan melawan kanker.

Tema dan subtema Hari Kanker Sedunia tahun 2017 tersebut diimplementasikan oleh Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dengan mengadakan rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Peduli Kanker termasuk aksi dan promosii edukasi.Kampanye nasional ini dilaksanakan dengan turut serta mengajak organisasi profesi terkait kanker, rumah sakit pemerintah dan swasta, serta berbagai lembaga sosial masyarakat dalam penyelenggaraan acara dalam mendukung sasaran strategis penanggulangan kanker nasional KPKN yang telah disusun untuk tahun 2015 – 2019. Tujuan kegiatan ini adalah sebagi berikut :

  1. Meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan masyarakat luas mengenai bahaya kanker.
  2. Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pola hidup sehat sebagai upaya pencegahan kanker.
  3. Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pemeriksaan penyaring kanker sebagai upaya deteksi dini kanker.
  4. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program Jaminan Kesehatan Nasional sebagai upaya penerapan pelayanan kanker untuk seluruh lapisan masyarakat.
  5. Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pengobatan kanker yang telah dibuktikan.

Peran Serta Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dalam hari Kanker Sedunia, Februari 2017 sesuai panduan dari Kemeterian Kesehatan  adalah sebagai berikut:

  1. Pemasangan Spanduk Tema “We Can, I Can” di Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri
  2. Pemasangan Spanduk Tema “We Can, I Can” di Puskesmas
  3. Penyebarluasan informasi tentang Hari Kanker Sedunia melalui media Cetak.
  4. Sosialisasi tentang Hari Kanker Sedunia kepada TP PKK Kabupaten yang diselenggarakan saat rapat pleno TP PKK di pendopo kabupaten Kediri tanggal 7 Februari 2017, untuk meningkatkan cakupan IVA dan CBE (Clinical Breast Examination / Pemeriksaan Payudara Klinis).
  5. Sosialisasi tentang Hari Kanker Sedunia yang dilaksanakan oleh TP PKK Kecamatan Kayen Kidul.
  6. Pemeriksaan IVA yang dilaksanakan Muslimat NU di Puskesmas Papar.
  7. Kerjasama dengan BPJS untuk pemeriksaan PAP SMEAR karyawan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

=>>

(Oleh : Seksi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa) – [SGI]




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF