Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

PENILAIAN AKREDITASI UPTD PUSKESMAS KANDANGAN, SUMBERJO, SEMEN, SIDOMULYO & TIRON


Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 27 Desember 2016.

Pada akhir tahun ini (Desember 2016) Pemerintah Kabupaten Kediri kembali mengajukan penilaian akreditasi sejumlah 5 Puskesmas (Kandangan, Sumberjo, Semen, Sidomulyo, Tiron). Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr. Adi Laksono, MMRS. saat menyampaikan sambutan dihadapan tim surveior saat dilakukan Pra Survey Akreditasi hari Minggu malam (11/12/2016) bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri. Sehingga untuk tahun ini sudah 10 (sepuluh) UPTD Puskesmas yang maju dalam penilaian akreditasi.

Dalam pertemuan Pra Survei akreditasi, tim surveior memaparkan kegiatan yang dilakukan esok harinya, mulai dari jadwal pelaksanaan akreditasi, hingga tata tertib dan kode etik yang dijalankan selama penilaian berlangsung. Tim surveior dibagi dalam 5 (empat kelompok) yang masing-masing melaksanakan survei di UPTD Puskesmas Kandangan dan Semen pada tanggal 11 – 14 Desember 2016. Untuk UPTD Puskesmas Sumberjo dan Sidomulyo dilaksanakan survey pada tanggal 14 – 18 Desember 2016. Masih ada 1 (satu) tim lagi yang datang menyusul yakni bertugas menyurvei di wilayah UPTD Puskesmas Tiron pada tanggal 13 – 17 Desember 2016.

Akreditasi Puskesmas ini bertujuan untuk meningkatkan mutu layanan Puskesmas. Sedangkan secara khusus Akreditasi Puskesmas bertujuan memacu puskesmas untuk memenuhi standar yang ditetapkan, menetapkan strata akreditasi puskesmas yang telah memenuhi standar yang ditentukan, memberikan jaminan kepada petugas puskesmas bahwa pelayanan yang diberikan telah memenuhi standar yang ditetapkan, memberikan jaminan kepada pelanggan/masyarakat bahwa pelayanan yang diberikan oleh puskesmas telah sesuai standar dan terbinanya puskesmas dalam rangka memperbaiki sistem pelayanan, mutu dan kinerja.

Tim surveior yang terdiri dari Derty Koroh,  SKM., MPH sebagai ketua tim surveior untuk UPTD Puskesmas Kandangan berasal dari Nusa Tenggara Timur, yang bertugas menilai dibidang Administrasi Manajemen (Admen) sedangkan anggotanya yaitu Moh Sufyan, S.Kep., Ns., M.Kes. berasal dari Jawa Timur yang menilai dibidang Upaya Kesehatan  Masyarakat (UKM) dan dr. Fauzy Masjhur. SH., M.Kes. berasal dai Pusat yang menilai dibidang Upaya Kesehatan Perorangan (UKP). Untuk UPTD Puskesmas Semen terdiri dari dr. T. Marwan Nusri, MPH (Ketua) yang menilai dibidang Administrasi Manajemen berasal dari Pusat; Rohani, SST., M.Kes yang menilai dibidang UKM berasal dari NTB; dr. Hj. Subaedah, M.Kes, yang menilai dibidang UKP, berasal dari Sulbar.

Untuk UPTD Puskesmas Sumberjo tim diketuai oleh Moh Sufyan, S.Kep., Ns., M.Kes. akan menilai dibidang UKM, beliau berasal dari Jatim beranggotakan Derty Koroh,  SKM, MPH. yang menilai dibidang Admen, berasal dari NTT dan dr. Anak Agung Dwi Wulantari menilai dibidang UKP,berasal dari Bali. UPTD Puskesmas Sidomulyo disurvei oleh Rohani, SST., M.Kes  sebagai Ketua akan menilai dibidang UKM, berasal dari NTB, dr. T. Marwan Nusri, MPH. menilai dibidang Admen, berasal dari Pusat dan dr. Hj. Subaedah, M.Kes. menilai dibidang UKP, berasal dari Sulawesi Barat. Untuk UPTD Puskesmas Tiron tim survei terdiri dari Dra. Herie Firmaningsih, M.Kes. menilai dibidang UKM berasal dari Pusat, dr. Esty Martiana Rachmie menilai dibidang Administrasi Manajemen berasal dari Jawa Timur dan dr. Lazuardi Z. menilai dibidang UKP berasal dari Sumatera Selatan.

Semoga dengan adanya Akreditasi Puskesmas akan terjadi perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen risiko serta kepuasan pelanggan. [SGI]




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF