Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

BUPATI MENYERAHKAN PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN DAN SERTIFIKAT HALAL BAGI IRT PANGAN SERTA AMBULANCE UNTUK PUSKESMAS




Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 16 November 2016.

Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia, sehingga pemenuhan akan kebutuhannya merupakan hak asasi setiap orang. Peranan pangan sangat penting dalam mempertahankan keutuhan suatu bangsa. Pangan yang tersedia harus cukup, baik dalam jumlah maupun mutunya, aman, merata dan terjangkau. Oleh karena itu tersedianya pangan yang aman dan bermutu menjadi kebutuhan primer masyarakat.

Dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini, memberikan peluang yang cukup besar bagi para produsen pangan termasuk industri rumah tangga pangan didalamnnya untuk memperluas jangkauan pemasaran produknya. Tetapi yang perlu dicermati produk pangan yang bisa mampu dan bisa bersaing dipasar bebas adalah produk pangan yang memilki ijin edar dan tentunya memenuhi persyaratail mutu dan keamanan pangan yang telah ditetapkan.

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya sebagai kepanjangan tangan dari Badan POM RI yang didampingi Petugas Pengawasan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri melakukan pembinaan dan pengawasan secara berkala kepada industri rumah tangga pangan yang ada diwilayah Kabupaten Kediri.

Sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi Badan POM terhadap para produsen yang telah menerapkan cara produksi yang baik dalam proses produksinya serta pemilihan dan penggunaan bahan baku yang baik dan benar diterbitkannya Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan sebanyak 5 (lima) produsen serta memberikan fasilitas gratis kepada produsen dalam penerbitan Sertifikat Halal sebanyak 4 produsen sedangkan yang mendapatkan keduanya 1 produsen.

Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan diberikan langsung oleh dr. Hj. Haryanti Sutrisno di Wisma Tamu Area Kantor Pemerintah Kabupaten Kediri didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr. Adi Laksono, MMRS. Dan Kepala Dinas Kominfo, Ir. Adi Suwignyo, Selasa 15 November 2016. Tujuan diberikannya apresiasi dan motivasi kepada industri rumah tangga pangan tersebut untuk menerapkan cara produksi pangan yang baik dalam proses produksinya sehingga pangan yang dihasilkan bermutu, aman dan layak untuk dikonsumsi.

6 (enam) produk yang menerima penghargaan Bintang Satu Keamanan Pangan adalah:

  1. Madumongso, produksi Griyamanis dari Desa Padangan Kec. Kayen Kidul
  2. Dodol Buah,  produksi Tri Be dari Desa Bringin Kec. Badas
  3. Keripik Tahu, produksi Lumintu Lestari dari Desa Badal Pandean Kec. Ngadiluwih
  4. Cokelat Tahu, produksi Melani dari Desa Wonorejo, Kec. Ngadiluwih
  5. Permen Coklat, produksi Sincan Coklat dari Desa Sitimerto Kec. Pagu
  6. Kecap Manis Sawi, produksi Primarasa Food Industri Kediri dari Jl. Mataram 178 Kediri

Sedangkan 5 (lima) produk yang menerima Sertifikat Halal adalah:

  1. Permen Coklat, produksi Sincan Coklat dari Desa Sitimerto Kec. Pagu
  2. Jamur Tiram Crispy, produksi Dwi Jaya dari Desa Tanjung Kec. Pagu
  3. Abon Lele, produksi Kusuma Bersaudara dari Desa Purworejo Kec. Kandat
  4. Sambel Pecel, produksi Nieriskha dari Desa Grogol Kec. Grogol
  5. Madumongso Ketan Hitam, produksi Bu Agus dari Desa Kwadungan Kec. Ngasem

Selain disektor UMKM, Pemerintah Kabupaten Kediri juga memberikan perhatian penuh terhadap peningkatan pelayanan masyarakat di Puskesmas. Salah satu bentuk peningkatan pelayanan Puskesmas yang diberikan adalah pemberian Mobil Ambulance beserta fasilitasnya yang diserahkan langsung oleh Bupati Kediri kepada UPTD Puskesmas yang sudah melaksanakan Survey Akreditasi sebanyak 10 Puskesmas yaitu UPTD Puskesmas Pagu, Blabak, Gurah, Adan-Adan, Sumberjo, Tiron, Sidomulyo, Sambi, Semen dan Kandangan. Diantara 10 Puskesmas tersebut 3 diantaranya sudah mendapatkan kendaraan Ambulance pada tahun 2015 yaitu Puskesmas Sambi, Semen, Kandangan. Penyerahan Kendaraan Ambulance ini juga termasuk dalam menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 52 yang jatuh pada tanggal 12 November 2016.

Rencananya, tahun ini masih akan ditambah 18 mobil ambulance lagi untuk 18 UPTD Puskesmas dengan harapan kendaraan operasional tersebut digunakan dalam menunjang pelayanan kesehatan dan dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Kediri yang tinggi serta mewujudkan MASYARAKAT HIDUP SEHAT, INDONESIA KUAT.
(Seksi Kefarmasian dan Makanan Minuman) [SGI]



Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF