Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

PERSIAPAN AKREDITASI PUSKESMAS DI KABUPATEN KEDIRI




Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 16 Oktober 2016.

Untuk meningkatkan pelayanan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) khususnya Puskesmas, Klinik Pratama, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter/ Dokter Gigi kepada masyarakat, dilakukan berbagai upaya peningkatan mutu dan kinerja antara lain dengan pembakuan dan pengembangan sistem manajemen mutu dan upaya perbaikan kinerja yang berkesinambungan. Untuk menjamin bahwa upaya perbaikan mutu dan peningkatan kinerja dilaksanakan secara berkesinambungan di FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama), maka perlu dialakukan penilaian oleh pihak Eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan yaitu melaui mekanisme akriditasi .

Akreditasai adalah pengakuan terhadap Fasilitas yang dilakukan oleh Lembaga idependen penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan Menteri setelah dinilai bahwa Fasilitas Kesehatan timgkat pertama tersebut telah memenuhi standar akreditasi . Dimasa transisi , pelaksanaan akreditasi FKTP dilakukan oleh komisi Akreditasi FKTP yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan melalui keputusan Menteri Kesehatan No.HK.02.02/Menkes/59/2105. Komisi ini selain bertugas melaksanakan Akreditasi FKTP dimasa transisi juga bertugas mempersiapkan pembentukan lembaga independen yang akan menggantikan tugas Komisi Akreditasi FKTP dalam melaksanakan akreditasi FKTP unsur yang dinilai dalam pelaksanaan akreditasi puskesmas meliputi :

  1. Administrasi dalam manajemen puskesmas
  2. Penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat
  3. Penyelenggaraan upaya kesehatan perseorangan ;

sedangkan untuk pelaksanaan akreditasi klinik Pratama dan tempat praktik mandiri dokter/ dokter gigi dilakukan penilaian terhadap :

  1. Administrasi manajemen , dan
  2. penyelenggaraan upaya kesehatan .

Akreditasi melalui salah satu mekanisme regulasai yang bertujuan untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja pelaksanaan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Pada sistem Akreditasi FKTP, terhadap peran Dinas Kesehatan Provinsi sebagai Pembina di Dinas Kesehatan Provinsi/Kota, peran Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota sebagai pendamping FKTP, peran lembaga independen penyelenggara akreditasi FKTP sebagai penyelenggara akreditasi FKTP yang dilakukan oleh lembaga independen tersebut melalui tahapan survey dan tahapan penetapan akreditasi .

Survei akreditasi dilakukan oleh Surveior akreditasi yang kompeten untuk melakukan surve akreditasi secara objektif yang didasarkan pada standar, kriteria, dan elemen penilaian yang ada pada standar akreditasi yang diterbitkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia .

Pada tahun 2016 ini Pemerintah Kabupaten Kediri mengajukan penilaian akreditasi sejumlah 5 Puskesmas (Pagu, Blabak, Adan-adan, Gurah, dan Sambi), pada bulan Oktober 2016.

Persiapan akreditasi puskesmas tersebut diatas dimulai sejak akhir Desember 2015.

Beberapa kegiatan persiapan diantaranya :

  • Peningkatan Pelayanan Puskesmas yang sesuai standar keselamatan pasien
  • Mengadakan pertemuan yang melibatkan masyarakat dalam usulan kegiatan Puskesmas 
  • Penyampaian hak dan kewajiban pasien oleh petugas Puskesmas
  • Proses evaluasi kegiatan oleh Kepala Puskesmas pada setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas
  • Pelatihan Upaya keselamatan pasien dalam menghadapi kebakaran

(Oleh : Tim Pendamping Akreditasi UPTD Puskesmas Kab. Kediri) - [SGI]




Print Friendly Version of this pageCetakGet a PDF version of this webpagePDF