Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

« Selamat Datang di Situs Web Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

6 MANFAAT BUAH PEPAYA BAGI KESEHATAN




Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 26 September 2015.

Beberapa jenis buah yang harganya terjangakau namun mengandung berbagai manfaat seperti buah pisang, pepaya, dan beberapa jenis buah lain bisa menjadi alternatif. Kali ini kita akan membahas beberapa khasiat dan manfaat buah pepaya bagi kesehatan.

Meskipun sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia Anda tetap harus mengkonsumsi buah ini karena mempunyai beberapa kandungan yang bagus untuk tubuh. berikut adalah 6 manfaat buah pepayauntuk kesehatan.

1. Sumber Antioksidan

Antioksidan merupakan sangat sarat dalam kandungan buah yang satu ini. buah pepaya mengandung vitamin C, flavonoid, folat, vitamin A, asam panthotenic, mineral, magnesium, vitamin E, kalium, serat dan vitamin B. Antioksidan melawan virus dan radikal bebas dalam tubuh dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular serta memastikan perlindungan terhadap ancaman kanker usus besar.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Antioksidan pada buah pepaya juga mampu mencegah terjadinya oksidasi kolesterol dalam hati. Seperti yang kita ketahui kolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Manfaat buah pepaya dapat mencegah ancaman tersebut. Kandungan serat yang cukup banyak pada buah pepaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam hati.

Kerusakan dinding pembuluh darah dan serangan jantung bisa disebabkan oleh zat-zat berbahaya namun asam folat pada buah pepaya mampu mengatasinya. Salah satu manfaat buah pepaya juga untuk mencegah penyakit jantung diabetes.

3. Meningkatkan kekebalan

Manfaat buah pepaya selanjutnya ialah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh berkat kandungan vitamin A dan vitamin B yang cukup banyak. Konsumsi buah pepaya dapat mencegah beberapa penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan seperti pilek dan batuk, infeksi dan flu.

4. Mengurangi Peradangan

Pepaya juga mengandung enzim papain dan enzim chymopapain yang dapat mengurangi peradangan. Luka bakar dan luka lainnya akan lebih cepat sembuh dengan bantuan buah pepaya. Sering sekali peradangan menyababkan penyakit tertentu menjadi lebih buruk. Manfaat buah pepaya dalam mencegah dan mengatasi peradangan tidak diragukan.

5. Mencegah kanker usus besar

Berbagai jenis kanker merupakan penyakit yang sangat ditajuti banyak orang. Namun kanker usus besar dapat dicegah berkat keistimewaan manfaat buah pepaya. Kandungan serat yang tinggi memiliki peran yang sangat besar dalam mengatasi masalah susah buang air besar.

6. Menjaga kesehatan paru-paru

Manfaat buah pepaya yang terakhir untuk menjaga kesehatan paru-paru. Pasien yang memimiliki paru-paru lemah disarankan mengkonsumsi buah pepaya untuk mencegah penyakit lain timbul akibat masalah ini, seperti bronkitis, kanker dll.

Demikian beberapa khasiat dan manfaat buah pepaya yang dihimpun dari berbagai sumber terpercaya. [SGI]




Print Friendly Version of this pagePrintGet a PDF version of this webpagePDF