« Selamat Datang di Situs Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ® »

 

5 MANFAAT DIBALIK SEGARNYA BUAH KOLANG KALING




Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri (Dinkes Kab. Kediri), 17 Januari 2016.

Manfaat kolang kaling – Putih, kenyal dan menyegarkan merupakan beberapa kesan dari kolang kaling. Olahan kolang kaling sering dijadikan minuman atau makanan yang menyegarkan pelepas dahaga yang menyegarkan, terlebih sebagai makanan penutup saat berbuka puasa. Camilan ini mempunyai bentuk yang lonjong dengan warna putih agak transparan. Kolang-kaling paling sering digunakan dalam membuat manisan, kolak, minuman dingin dan lainnya.

Kolang kaling atau buah atap dibuat dari buah aren berwarna hijau yang diambil bijinya. Proses pengolahannya melalui proses yang cukup panjang yaitu dengan direbus selama berjam-jam dan direndam dalam air selama berhari-hari.

Kolang kaling mengandung mineral, serat, protein, karbohidrat dan nutrisi lainnya sehingga sangat bagus dikonsumsi. Berikut adalah beberapa manfaat kolang kaling bagi kesehatan:

1.    Mengatasi radang sendi

Manfaat kolang kaling yang pertama adalah sebagai penangkal masalah peradangan pada sendi. Koalng kaling mengandung zat galaktomanan, zat yang mampu meredakan penyakit radang sendi pada organ tubuh. Bagi pasien radang sendi sangat disarankan mengonsumsi kolang kaling seberat 100 gram setiap harinya hingga radang sendi sembuh.

2.    Memperkuat Tulang

Tidak hanya minum susu untuk memperoleh tulang yang kuat, buah kolang kaling juga mempunyai khasiat untuk memperkuat tulang. Buah kolang kaling seberat 100 gram mengandung 91 kalsium yang cukup bagus untuk tulang. Manfaat kolang kaling untuk tulang yang kuat tidak mudah keropos, maka kolang kaling merupakan camilan yang sehat menyegarkan.

3.    Bagus untuk sistem pencernaan

Sistem pencernaan sangat rentan terhadap makanan yang tidak sehat. Jika kamu ingin meningkatkan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi kolang kaling 10 butir setiap hari. Buah yang kenyal tersebut sangat banyak mengandung  serat, sehingga manfaat buah kolang kaling untuk kesehatan pencernaan tidak diragukan lagi.

4.    Sebagai menu diet

Manfaat kolang kaling selanjutnya adalah sebagai menu sehat untuk menurunkan berat badan. Kolang kaling mengandung gelatin dengan kadar yang sangat tinggi. Dengat begitu mengkonsumsi kolang kaling membuat perut cepat kenyang dan tidak mudah lapar, sehingga nafsu makan bisa dikekang lebih mudah. 100 gram kolang kaling juga mengandung 4,0 gram karbohidrat, 1 gram kadar abu, 0,69 gram protein, 0,95 gram serat kasar serta kandungan airnya mencapai 94%. Dengan kandungannya tersebut buah kolang kaling merupakan menu diet sehat yang menyegarkan.

5.    Obat gatal-gatal

Manfaat kolang kaling yang terakhir adalah sebagai obat gatal gatal pada kulit. Adalah getah di dalam buah kolang kaling yang mampu mengobati gatal-gatal karena bakteri atau kuman. Balurkan getah yang terdapat pada kolang pada bagian tubuh yang gatal. Jadi khasiat kolang kaling tidak hanya untuk konsumsi saja.

(Sumber : sehat99.com – Artikel kesehatan dari berbagai sumber terpercaya)

 




Print Friendly Version of this pagePrintGet a PDF version of this webpagePDF